Kita bersyukur Adaro terus memberikan perhatian bagi warga kita yang pra sejahtera
Banjarmasin (ANTARA) -
Para pemetik daun gelinggang mendapatkan bantuan kebutuhan pokok pada Hari Ulang Tahun (HUT) ke-32 PT Adaro Energy Indonesia di Desa Jarenang, Kecamatan Kuripan, Kabupaten Barito Kuala, Kalimantan Selatan, Selasa.
 
Salah satunya Johansyah yang sehari-harinya beraktivitas mengumpulkan daun untuk obat tradisional tersebut mendapatkan bantuan dari program Adaro #HidupkanHati.
 
"Terima kasih Adaro telah membantu kami," ujar Johansyah.
 
Johansyah termasuk dari 49 keluarga prasejahtera di desa pinggir Sungai Barito tersebut yang mendapatkan bantuan sembako Adaro Group dengan tema "Gelorakan syukur, berbagai untuk negeri".
 
Daun gelinggang atau Cassia alata L adalah sejenis tumbuhan yang termasuk dalam keluarga fabaceae atau suku polong-polongan.
 
Tanaman yang tumbuh subur di tanah rawa desa tersebut juga dikenal dengan beberapa nama lain, seperti kacang babi, kacang cina, gelenggang atau senna alata.

Baca juga: Adaro gunakan perahu bagikan sembako ke warga pinggiran Sungai Barito
Baca juga: Nenek Khadijah bahagia dapat bantuan Adaro Hidupkan Hati
 
Johansyah dan pemetik lain harus menjemur terlebih dahulu daun tersebut, kemudian dibuat serpihan kecil dan dijual ke pengepul.
 
"Satu kilogram seharga Rp10 ribu," ungkap Johansyah.
 
Salah orang aparat Desa Jarenang Isnani Ariyati mengatakan rata-rata profesi warga yang mendapatkan bantuan sembako Adaro ini merupakan pemetik daun gelinggang dan pencari purun (tumbuhan untuk anyaman).
 
"Selain itu ada juga petani dan warga lanjut usia," ucap Isnani.
 
Menurut dia, Desa Jarenang berpenduduk sebanyak 185 kepala keluarga atau 525 jiwa.
 
"Kita bersyukur Adaro terus memberikan perhatian bagi warga kita yang pra sejahtera," tutur Isnani.
 
Adaro yang memasuki usia ke-32, membagikan total sembako sebanyak 27.000 paket tersebar pada 176 lokasi di Indonesia meliputi wilayah Sumatera, Jawa dan Kalimantan.
 
Di Provinsi Kalimantan Selatan, Adaro bersama Rumah Zakat dan Perum LKBN ANTARA Biro Kalsel membagikan bantuan kebutuhan pokok kepada warga prasejahtera yang berada di wilayah operasional PT Adaro Energy Indonesia.
 
Adaro bersama Rumah Zakat telah bekerja sama sejak 2022, untuk menyalurkan bantuan sembako bagi warga prasejahtera di wilayah operasional meliputi Sumatera, Jawa, dan Kalimantan.
 
Tercatat, Adaro membagikan 21.695 paket tersebar di 168 lokasi pada 2022, sebanyak 25.000 paket pada 199 lokasi (2023), dan 27.000 paket pada 176 (2024).

Pewarta: Sukarli
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024