Jakarta (ANTARA) - Kopi Kenangan kembali merambah ke pasar internasional dengan membuka cabang di Filipina dan India sebagai upaya dalam menjalankan misi ekspansi global.

"Kita buka di dua negara lagi sesuai visi misi Kopi Kenangan yang tidak hanya jago kandang saja, tetapi kita mau membawa high quality Indonesian coffee to the world," kata Group CEO of Kenangan Brands Edward Tirtanata dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa.

Edward mengatakan, Filipina merupakan negara ketiga dan India akan menjadi negara keempat dari ekspansi bisnis Kopi Kenangan, setelah Malaysia di tahun 2022 serta Singapura di tahun 2023 lalu.

Baca juga: Menikmati segelas kopi "Kenangan Mantan" di Negeri Singa

Menurut dia, pembukaan cabang di Asia Tenggara seiring dengan tren konsumsi kopi di wilayah tersebut yang terus meningkat.

Ia menyebut, penjualan Kopi Kenangan di Malaysia tumbuh 360 persen pada Kuartal II 2024. Saat ini terdapat 48 toko, dengan target sebanyak 100 toko hingga akhir tahun 2024.

Sedangkan di Singapura, tercatat pertumbuhan penjualan hingga 43 persen hingga Kuartal II 2024. Saat ini terdapat 6 toko, dengan target 8 toko di tahun 2024.

Baca juga: Kopi Kenangan buka gerai di Singapura, ini menu yang bakal favorit

Pada kesempatan yang sama, VP General Management of Kenangan Coffee Malaysia & Singapore Jordan Lung menyampaikan bahwa pembukaan cabang di Filipina dan India didasarkan pada kebiasaan masyarakat di Asia Tenggara.

Ia mengatakan, konsumsi masyarakat di Filipina hampir mirip di kawasan Asia Tenggara yang umumnya menyukai makanan atau minuman manis.

Selain itu, juga tren anak muda yang menyukai gaya hidup trendi seperti minum kopi di kafe sebagai bagian dari status sosial.

Baca juga: Kenangan Brands gandeng Staffinc untuk jaga kualitas pelayanan

Sementara di India, konsumsi kopi terus meningkat di kalangan generasi Z dan Milenial.

"Pasar kafe India diprediksi tumbuh antara 19 hingga 21 persen pada lima tahun ke depan. Target kami 500 toko dibuka hingga tahun 2027 mendatang di luar Indonesia," kata Jordan Lung.

Baca juga: Intip budaya "ngopi" kekinian di Negeri Jiran

Baca juga: Kopi Kenangan buka gerai internasional pertamanya di Malaysia

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024