Jakarta (ANTARA) -
Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur mengedukasi 600 siswa SDN Baru 03, Kelurahan Baru, Kecamatan Pasar Rebo, mengenai makanan sehat dan bergizi yang bersumber dari ikan.

Kegiatan yang dilakukan pada Selasa tersebut sebagai bagian dari Kampanye Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) di sekolah itu.
 
Kegiatan itu diinisiasi oleh Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Kota Administrasi Jakarta Timur. Program tersebut juga dalam rangka mengurangi angka stunting atau tengkes di Jakarta Timur (Jaktim).
 
Wali Kota Administrasi Jakarta Timur M Anwar mengatakan, Kampanye Gemarikan ini merupakan salah satu strategi untuk mencegah kasus stunting di masyarakat, sekaligus meningkatkan kecerdasan dan tumbuh kembang anak.
 
"Masalah stunting menjadi salah satu isu nasional yang wajib diselesaikan dalam rangka menuju prevalensi stunting nol persen. Kegiatan Gemarikan ini mendukung percepatan penurunan angka stunting," ujarnya.

Baca juga: Jakpus kampanyekan gerakan makan ikan di SDN Johar Baru 10 Pagi
 
Selain itu, melalui Kampanye Gemarikan dapat menjadi salah satu upaya perbaikan gizi masyarakat dengan kampanye perubahan pola konsumsi terutama ikan sebagai sumber protein untuk mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas, sehat dan cerdas.
 
"Agar tetap sehat, anak jangan diberi makanan 'junk food' namun sering konsumsi ikan," kata Anwar.
 
Dia berharap Gemarikan dimulai sejak Pendidikan Usia Dini (PAUD) dengan membiasakan makan ikan.
 
Kebiasaan ini memerlukan keterlibatan semua pihak termasuk juga para guru dan pihak sekolah serta diperlukan juga keterlibatan Abang-None Jakarta Timur.
 
"Bagaimana kita membiasakan anak kita makan ikan, tentunya bu guru juga, pak guru, kepala sekolah harus jadi contoh. Memberi contoh makan makanan bergizi agar anaknya mencontoh yang baik di sekolah," katanya.

Baca juga: Tekan stunting, Pemkot Jaktim kampanyekan Gemarikan

Abang-None (Abnon) Jakarta Timur juga harus terlibat mengkampanyekan Gemarikan ke sekolah-sekolah supaya kehadiran Abnon bisa memberikan manfaat.
 
Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Suku Dinas KPKP Jakarta Timur, Iwan Indriyanto menyebutkan, salah satu tujuan kegiatan ini adalah memberikan kesadaran kepada masyarakat, termasuk murid di sekolah agar meningkatkan konsumsi ikannya.
 
"Kampanye seperti ini untuk pemenuhan gizi keluarga melalui makan ikan," kata Iwan.
 
Kepala SDN Baru 03, Trisnaini Nur Fatonah menjelaskan, 600 siswa yang mengikuti kegiatan ini merupakan anak didiknya yang duduk dari kelas satu hingga enam.
 
Dia mengatakan, pihaknya mengadakan program makan bersama dengan menu gizi seimbang sebanyak dua kali selama sepekan.
 
"Kami akan tingkatkan waktunya dan ditambah dengan mengonsumsi ikan atau produk pangan olahan berbahan dasar ikan," kata Trisnaini.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024