Garut (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Garut, Jawa Barat menerima pendaftaran pertama bakal pasangan calon bupati-wakil bupati Helmi Budiman-Yudi Lasminingrat sebagai peserta dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Garut tahun 2024.

"Ini hari pendaftaran pertama dalam Pilkada serentak 2024, hari pertama pelaksanaan pendaftaran calon bupati/wakil bupati," kata Ketua KPU Kabupaten Garut Dian Hasanudin usai menerima pendaftaran calon bupati/wakil bupati di Kantor KPU Garut, Selasa.

Ia menuturkan KPU Garut dalam tahapan pilkada sudah melakukan kegiatan sosialisasi kepada partai politik maupun pemangku kebijakan terkait pelaksanaan pendaftaran peserta Pilkada Garut mulai 27 sampai 29 Agustus 2024.

Hari pertama dibukanya pendaftaran, kata dia, pasangan Helmi Budiman-Yudi Lasminingrat yang menyerahkan berkas administrasi terkait persyaratan pendaftaran.

Seluruh berkas administrasi pendaftaran itu, kata Dian, oleh KPU Garut akan terlebih dahulu diperiksa kelengkapannya, dan segera disampaikan terkait kekurangannya maupun sudah memenuhi syarat.

"Apakah lengkap atau belum lengkap, nanti akan kita informasi ke partai koalisi berkenaan dengan kelengkapan administrasi," katanya.

Ia mengatakan jadwal pendaftaran Pilkada Garut 2024 cukup singkat sampai hari terakhir pada Kamis (29/8) pukul 23.59 WIB, berbeda dengan pilkada sebelumnya yang dinilai lebih panjang waktunya.

Waktu yang cukup singkat itu, kata dia, tentunya KPU Garut sudah mempersiapkan segala halnya seperti pengamanannya dan juga menjalin komunikasi dengan partai politik terkait kesiapan waktu pendaftarannya.

"Tentu kami sebagai penyelenggara harus memiliki kesiapan dalam melaksanakan tahapan pilkada ini dengan sebaik mungkin," katanya.

Bakal calon Bupati Garut Helmi Budiman yang merupakan petahana Wakil Bupati Garut periode 2019/2024 mengatakan, datang bersama tim dengan diiringi kesenian dodombaan untuk menyerahkan berkas persyaratan daftar menjadi peserta Pilkada Garut.

"Berkas sudah diterima oleh KPU. Kami berkomitmen agar pilkada ini bisa berjalan dengan damai tenteram, jujur, adil, transparan," katanya.

Hari pertama pendaftaran berlangsung aman dan lancar dengan mendapatkan pengamanan dari personel kepolisian, TNI, Satpol PP, dan pengamanan internal dari KPU Garut.

Baca juga: KPU NTT nyatakan berkas dua pasangan cagub-cawagub sudah lengkap
Baca juga: KPU Banten pastikan kesiapan RS untuk cek kesehatan peserta Pilkada
Baca juga: KPU perpanjang masa pendaftaran jika hanya ada calon tunggal

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2024