Jakarta (ANTARA) - Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Provinsi DKI Jakarta meraih predikat Juara 1 Stan Terbaik dalam ajang Indotani Expo, Gebyar Wisata dan Produk Unggulan Daerah yang berlangsung di Mall Festival Citylink, Bandung, Jawa Barat.

Stan Dinas KPKP DKI Jakarta yang menawarkan wawasan luas tentang "urban farming" (pertanian perkotaan), tanaman hias dan berbagai produk UMKM binaan Jakarta Entrepreneur, berhasil menarik perhatian banyak pengunjung di acara tersebut.

Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta, Suharini Eliawati pada Selasa di Jakarta mengatakan, prestasi ini tidak hanya menandakan pengakuan terhadap inisiatif dalam meningkatkan kesadaran tentang ketahanan pangan dan pertanian perkotaan.

"Tapi juga tentang semangat kolaborasi dan inovasi dalam memajukan sektor pangan, kelautan dan pertanian di tingkat nasional," ujar Eli.

Eli berharap Indotani Expo 2024 dapat mendorong lebih banyak lagi inisiatif dan pengetahuan tentang "urban farming" serta menjadikan Jakarta sebagai contoh dalam implementasi pertanian perkotaan yang mendukung ketahanan pangan.

Baca juga: Poktan di Jakbar kembali sukses panen jagung dan cabai
Baca juga: Kepulauan Seribu panen sayuran dari lahan pertanian perkotaan


Dengan keberhasilan ini, Dinas KPKP DKI Jakarta berharap konsep "urban farming" akan semakin diterima dan diadopsi oleh masyarakat luas, guna menciptakan ketahanan pangan yang lebih kuat dan berkelanjutan.

Dalam acara itu, salah satu upaya interaktif stan tersebut adalah dengan membagikan bibit tanaman, bunga mawar dan menyediakan hadiah menarik bagi pengunjung yang efektif meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat tentang pentingnya "urban farming".

Hal itulah yang mendorong para pengunjung menjadi tertarik untuk mendatangi stan milik Dinas KPKP DKI Jakarta.

Indotani Expo 2024 merupakan ajang promosi dan pameran terintegrasi sektor pertanian, perkebunan, hortikultura, ketahanan pangan, peternakan, perikanan dan lain-lain.

Ajang ini menyediakan platform bagi pemangku kepentingan dari seluruh Indonesia untuk memamerkan inovasi dan produk unggulannya.

Pewarta: Lifia Mawaddah Putri
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024