Jakarta (ANTARA) - Atlet para balap sepeda Indonesia, Muhammad Fadli Imammuddin, siap untuk berlaga di Paralimpiade 2024 di Paris, Prancis, usai menjalani sesi latihan yang mulus tanpa ada suatu kendala.

Muhammad Fadli, yang meraih medali emas pada nomor ITT klasifikasi C4-5 di Asian Para Games 2022, menyatakan dirinya siap menghadapi Paralimpiade 2024.

"Insya Allah saya siap banget untuk menghadapi Paralimpiade kali ini. Insya Allah bisa maksimal," kata Fadli dalam keterangan tertulis.

Fadli akan menjadi satu-satunya wakil Indonesia di cabang olahraga para balap sepeda, dan akan bertanding di tiga nomor, yakni Individual Pursuit (IP) 4000 meter, Individual Time Trial (ITT), dan Individual Road Race (IRR).

Fadli terus menjalani latihan dengan intensitas tinggi namun volume rendah, untuk mencapai performa puncak saat pertandingan. "Dari hari pertama sampai hari ketiga latihan dibikin semakin naik agar bisa maksimal pada hari pertandingan," ungkap Fadli.

"Kondisi Fadli sangat baik sejak kedatangan hingga menjelang perlombaan. Dia sangat antusias karena ini adalah event tertinggi kejuaraan dunia," kata pelatih para balap sepeda Rizan Setyo Nugroho.

Rizan juga menegaskan bahwa cuaca di Paris tidak menjadi kendala bagi Fadli, mengingat kondisi cuaca di Solo, tempat Fadli biasa berlatih, cukup mirip. "Kami sering berlatih di sekitar kaki Gunung Lawu, Gunung Merbabu, dan Gunung Merapi. Suhu antara 12 hingga 30 derajat masih sangat mendukung," jelasnya.

Di Paralimpiade Paris ini, Fadli ditargetkan untuk memecahkan catatan waktu terbaik yang pernah dicapainya pada Paralimpiade 2020 di Tokyo. Meski demikian, Rizan mengingatkan bahwa pesaing dari Eropa, yang memiliki daya tahan fisik yang kuat dan faktor sebagai tuan rumah, akan menjadi tantangan utama.

"Kami belum bisa memetakan persaingan secara detail karena starting list belum keluar. Namun, negara-negara Eropa patut diantisipasi," tambah Rizan.

Muhammad Fadli dijadwalkan akan mulai bertanding pada Sabtu (31/8). Perlombaan para balap sepeda akan digelar di jalanan wilayah Clichy sous Bois serta Saint Quentin en Yvelines Velodrome, Montigny la Bretonneux.

Baca juga: Kontingen Indonesia untuk Paralimpiade 2024 tiba di Paris
Baca juga: Jackie Chan jadi pembawa obor Paralimpiade jelang upacara pembukaan

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024