Jakarta (ANTARA) - Pertamina melanjutkan dukungannya terhadap pembinaan pembalap-pembalap muda Indonesia yang mengikuti ajang Pertamina Mandalika Racing Series 2024, yang putaran keempatnya baru selesai digelar pada 23 sampai 25 Agustus lalu.

Bekerja sama dengan tim balap MotoGP milik Valentino Rossi yakni Pertamina Enduro VR46 Racing Team, Pertamina membuka jalan untuk para pembalap junior Indonesia dalam meningkatkan kemampuan dan pemahaman dunia balap dengan belajar di sekolah balap VR46 Riders Academy.

Bentuk dukungan dari Pertamina ini yakni akan memilih pembalap-pembalap terbaik di kelas Junior Sport 150 U-15 yang akan mendapatkan pengalaman baru bersama VR46 Riders Academy.

Vice President Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso mengatakan, Pertamina terus berkomitmen mendukung tumbuhnya ekosistem balap di Tanah Air. Sehingga kejuaraan nasional putaran keempat ini diharapkan akan menambah jam terbang para pembalap agar dapat semakin kompetitif.

“Pertamina mendorong pembalap nasional kita untuk bisa berprestasi di level internasional. Kita berharap kejuaraan yang sudah memasuki putaran keempat ini bisa memicu tumbuhnya ekosistem balap di Indonesia dan akan memberikan multiplier effect pada industri balap dan otomotif Tanah Air,” kata Fadjar seperti dikutip dari keterangan tertulis yang diterima pewarta.

Baca juga: Pertamina Mandalika Racing Series 2024 masuki putaran keempat
Baca juga: Kejurnas Pertamina MRS ajang persiapan hadapi AARC Mandalika


Meski menyisakan satu putaran final, persaingan ketat di klasemen akhirnya memunculkan gelar Juara Nasional Sport 250 oleh Andi Farid Izdihar atau Andi Gilang dari Astra Motor Racing Team Yogyakarta.

Andi Gilang berhasil mengumpulkan total 197 poin setelah menyapu bersih dalam dua race yang dipertandingkan pada putaran keempat. Satu pembalap lain yang berhasil mengunci gelar juara nasional adalah M. Adenanta Putra di kelas Supersport 600 dari Astra Honda Racing Team setelah membukukan 228 poin.

Sementara pertarungan di putaran keempat menampilkan pembalap tuan rumah dari Lombok yakni Arai Agaska Dibani Laksana dari Yamaha KYB MFZ Dynavolt Privater HDS Racing yang mendominasi kemenangan.

Arai berhasil mendominasi balapan di kelas Kejurnas Sport 150 dengan memenangi race pertama dan Superpole Race serta podium posisi kedua di race kedua. Selain itu Arai juga tampil impresif di kelas Sport 250 untuk finis pertama di Superpole Race serta podium kedua di race kedua.

Untuk menambah antusiasme penonton, maka terdapat hal baru yang digelar di putaran keempat yakni sesi Pitwalk. Pada sesi itu para penonton dapat berinteraksi langsung dengan seluruh pembalap dan tim. Mereka bisa berfoto dan mendapatkan pengalaman baru menikmati area pitlane dan garis start Pertamina Mandalika International Circuit.

Baca juga: Pertamina Mandalika Racing Series ajang bina talenta muda pembalap

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024