Anda semua merupakan orang-orang yang terpilih, teruslah belajar dan kembangkan jejaring karena di tangan kalian lah masa depan Indonesia berada
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menyampaikan siap berkolaborasi untuk mendukung perguruan tinggi dalam menyiapkan sumber daya manusia yang kompeten, berintegritas, dan siap bersaing di dunia kerja.

"Kemnaker akan tetap terbuka untuk bekerja sama dan berkolaborasi antara dunia pendidikan dan dunia kerja untuk menjawab tantangan ketenagakerjaan yang semakin kompleks," kata Sekretaris Jenderal Kemnaker Anwar Sanusi dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Selasa.

Saat menyampaikan sambutan pada acara Wisuda dan Dies Natalis ke-31 Universitas Malahayati di Bandalampung, Provinsi Lampung pada hari ini, Sekjen Kemnaker Anwar mengatakan ekosistem pendidikan tinggi di Indonesia tengah dihadapkan pada tantangan yang luar biasa.

Selain disrupsi akibat Revolusi Industri 4.0, terdapat pula tantangan lain yaitu persoalan mismatch atau ketidakcocokan antara kemampuan sumber daya manusia dengan kebutuhan dunia kerja.

Dia menjelaskan, persoalan mendasar yang sedang dihadapi adalah ketikan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) untuk jenjang pendidikan diploma dan universitas tercatat sebesar 5,49 persen, jika melihat data Badan Pusat Statistik (BPS) per Februari 2024. Angka tersebut lebih tinggi dari tingkat pengangguran secara umum yang berada pada kisaran 4,82 persen.

"Kondisi demikian, tentunya menambah tantangan yang dihadapi. Oleh karenanya, saya meminta perguruan tinggi terus berinovasi mengembangkan kurikulum dan program pendidikan yang sesuai kebutuhan industri," kata Anwar.

Masih merujuk data BPS pada Februari 2024, Anwar menyatakan saat ini angkatan kerja Indonesia lulusan diploma dan universitas baru sekitar 12,76 persen dari total 149,37 juta orang. Dengan kata lain, dari setiap 100 orang angkatan kerja Indonesia, hanya 13 orang yang berpendidikan tinggi.

"Ini artinya, anda semua merupakan orang-orang yang terpilih, teruslah belajar dan kembangkan jejaring karena di tangan kalian lah masa depan Indonesia berada," demikian Anwar Sanusi.

Pewarta: Prisca Triferna Violleta
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2024