Jakarta (ANTARA) -
Pakaian adalah sesuatu yang kita kenakan sehari-hari untuk menutupi area tubuh. Kendati demikian fungsi pakaian tidak hanya itu, misalnya juga penting untuk menjaga kesehatan serta kenyamanan penggunanya.

Sejumlah ahli berpendapat pakaian yang tepat dapat melindungi kulit dari sinar matahari, menjaga tubuh dari cuaca ekstrem, atau mengurangi risiko iritasi dan cedera.

Pakaian yang nyaman juga dipercaya dapat meningkatkan kesehatan mental sebagai penunjang rasa percaya diri dan kenyamanan penggunanya.

Selain itu, pakaian juga berperan penting untuk mengatur suhu tubuh. Dalam cuaca dingin, lapisan pakaian membantu menjaga suhu tubuh tetap stabil, sementara di cuaca panas, pakaian ringan dan menyerap keringat dapat mencegah overheating.

Ditinjau dari aspek sosial, pakaian pun berfungsi sebagai alat ekspresi diri dan identitas, serta mempengaruhi persepsi orang lain terhadap seseorang. Oleh karena itu, memilih pakaian yang tepat tidak hanya berdampak pada kesehatan fisik tetapi juga pada kesejahteraan psikologis dan sosial.

Lalu, apa saja fungsi pakaian secara keseluruhan? Simak penjelasan berikut untuk mendapatkan pemahaman lebih mendalam.

Fungsi pakaian bagi tubuh manusia
 
1. Perlindungan tubuh

Pakaian berperan melindungi tubuh dari berbagai jenis cuaca seperti panas, dingin, angin, hujan, dan salju, serta dari cedera saat bekerja, berkendara, atau berolahraga. Selain itu, pakaian membantu mengatur suhu tubuh manusia.

Fungsi utama pakaian yaitu melindungi tubuh dari angin dan cuaca dingin. Berbagai jenis pakaian seperti kaos, jaket, celana, dan topi juga berperan dalam melindungi tubuh. Misalnya, ada pakaian yang dirancang untuk melindungi kulit dari sinar matahari dan pakaian laboratorium yang melindungi dari cairan berbahaya.


2. Fesyen

Setiap era memiliki tren mode yang berfungsi sebagai dekorasi gaya berpakaian. Melalui fesyen, individu mengekspresikan kepribadian dan keunikan mereka. Seperti pepatah lama mengatakan bahwa, "pakaian mencerminkan karakter seseorang."

Baca juga: Ganti pakaian berapa kali sehari agar tetap sehat?

3. Identitas
 
Pakaian dapat menunjukkan bahwa seseorang tergolong dalam kelompok tertentu dalam masyarakat atau wilayah geografis. Contohnya kostum tradisional, seragam polisi, militer, atau pemadam kebakaran, serta pakaian yang terkait dengan gerakan sosial seperti punk atau penggemar sepak bola.


4. Kesopanan

Pakaian berfungsi untuk menutupi bagian tubuh tertentu demi menjaga privasi, menghormati norma budaya, dan mengikuti keyakinan agama atau pribadi mengenai kesusilaan.

Tujuan dari fungsi ini adalah meningkatkan rasa hormat, martabat, dan keharmonisan sosial dengan mengatur paparan di ruang publik. Ini adalah bagian dari bagaimana pakaian mencerminkan kepribadian Anda.
 
 
5. Status sosial
 
Pakaian berkualitas tinggi dan mahal sering kali mencerminkan kemakmuran dan kesuksesan, sementara pakaian bermerek atau dari desainer tertentu dapat menunjukkan prestise dan kecanggihan.
 
Kemudian, dalam konteks sosial dan budaya, pakaian juga memainkan peran penting dalam menunjukkan norma dan etika. Berbagai jenis pakaian dapat mencerminkan kebiasaan dan tradisi yang berbeda di setiap masyarakat, memberikan informasi tentang latar belakang budaya dan sosial pemakainya.

Dengan demikian, dapat diketahui bahwa pakaian bukan hanya pelindung tubuh, tetapi juga merupakan media untuk berkomunikasi dan mengekspresikan diri dalam masyarakat.

Baca juga: Doa memakai dan melepas pakaian, Arab, latin, dan artinya
Baca juga: Adab berpakaian bagi laki-laki dan perempuan dalam hukum Islam

Pewarta: M. Hilal Eka Saputra Harahap
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2024