Jakarta (ANTARA) -
Ketua Umum Partai Nasdem mengaku bahwa dirinya tak akan selamanya memimpin Partai Nasdem usai dirinya terpilih kembali menjadi ketua umum periode 2024-2029 dalam Kongres III Partai Nasdem di Jakarta, Selasa.
 
Pasalnya, dia pun mengetahui bahwa adanya keterbatasan sebagai hukum alam. Namun dia berkomitmen akan mengantarkan partainya tersebut selama lima tahun ke depan untuk menjadi partai yang lebih hebat lagi dari yang sekarang.
 
"Nasdem harus menjadi institusi partai politik yang membangun kembali semangat dan nilai kepeloporannya. Indonesia harus bisa wujudkan impian-impian besar dari para pemimpin-pemimpin pendiri negara ini," kata Surya Paloh saat berpidato pada Kongres III Partai Nasdem di Jakarta Convention Center.
 
Menurutnya kader-kader Partai Nasdem tidak perlu mengklaim sebagai kader dari partai pejuang. Namun dia meyakini bahwa setiap anggota partainya itu bukan merupakan orang-orang munafik yang hanya berkumpul di tengah-tengah hiruk-pikuk demokrasi tanah air.
 
Dia mengatakan bahwa tantangan-tantangan bangsa ke depan bakal bisa dihadapi jika seluruh kadernya menjunjung tinggi nilai kejujuran.
 
"Partai ini sejatinya memang didirikan untuk tetap menjaga ruang yang ada di tengah-tengah ruang hampa dan kosong agar prinsip-prinsip keyakinan bahwasanya cita-cita yang mulia tidak boleh terkalahkan oleh pragmatisme kepentingan individu," katanya.
 
Sebelumnya, Majelis Tinggi Partai Nasdem dalam Kongres III Partai Nasdem di Jakarta Convention Center, Jakarta, Selasa menetapkan kembali Surya Paloh sebagai Ketua Umum Partai Nasdem untuk periode masa jabatan 2024-2029.
 
Sekretaris Majelis Tinggi Partai Nasdem IGK Manila mengatakan hal tersebut diputuskan pada 26 Agustus 2024 berdasarkan rapat pleno oleh para anggota majelis tinggi partai yang telah ditandatangani.
 
"Keputusan ini mulai berlaku dan mengikat sejak ditetapkan," kata Manila saat memimpin sidang pembacaan keputusan majelis tinggi.
 
Selain itu, majelis tinggi partai juga menugaskan kepada Surya Paloh untuk sebagai ketua umum untuk menyusun kepengurusan Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Nasdem untuk periode 2024-2029.

Baca juga: Nasdem tetapkan Surya Paloh kembali jadi ketua umum periode 2024-2029

Baca juga: Anies tetap hadiri Kongres NasDem meskipun beda jalan pascapilpres

Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2024