Jakarta (ANTARA) -
Indonesian Institute for Public Governance (IIPG) memilih sebanyak 91 pemerintah daerah (pemda) meliputi pemerintah provinsi, kabupaten, dan kota, sebagai penerima Anugerah Pandu Negeri 2024.
 
Daftar pemda yang menjadi penerima Anugerah Pandu Negeri tersebut telah disampaikan oleh IIPG kepada Wakil Presiden Ke-11 RI sekaligus Ketua Dewan Penasihat IIPG Prof. Dr. H. Boediono.
 
Sebagaimana dikutip dari keterangan pers yang diterima di Jakarta, Selasa, Prof Boediono pun mengapresiasi 91 pemda itu dan ke depannya ia mengingatkan IIPG untuk terus bersemangat dalam mendorong daerah mempraktikkan tata kelola atau governansi yang baik, terutama pada era demokrasi Indonesia saat ini.

Baca juga: IIPG beri anugerah praktik governansi terbaik bagi pemerintah daerah
 
Diketahui pemberian apresiasi bagi pemda itu dilakukan berdasarkan hasil penilaian praktik governansi terbaik dari 548 pemda di Indonesia. Pada tahun 2024 Anugerah Pandu Negeri 2024 mengambil tema “Governansi dan Inovasi Daerah untuk Indonesia Unggul dan Berdaya Saing". Gelaran Anugerah Pandu Negeri 2024 bertujuan untuk mendorong pencapaian governansi dan inovasi terbaik dari daerah demi mendorong daya saing daerah yang berkelanjutan.
 
Anugerah Pandu Negeri 2024 juga menjadi bentuk nyata pelaksanaan peran IIPG sebagai mitra strategis pemerintah dalam mendukung reformasi governansi sektor publik agar mampu mencapai kinerja terbaik dengan mempertahankan sinergi dan harmonisasi multi-sektor.

Baca juga: Kementerian PANRB dorong percepatan inovasi demi majukan daerah
 
IIPG meyakini bahwa tujuan besar dari praktik governansi yang baik adalah meningkatkan daya saing bagi Indonesia, baik secara regional maupun internasional, dengan cara menciptakan lingkungan sektor publik yang inovatif dan efisien, terutama melalui perubahan sistem birokrasi dan pelayanan publik. Upaya itu diharapkan mampu menjawab tantangan global, serta membawa Indonesia bertransformasi menuju negara maju.
 
Rangkaian acara pemberian penghargaan dijadwalkan berlangsung di Grand Ballroom Hotel Aryaduta, Menteng, Jakarta, pada Kamis (5/9) mendatang. Sebanyak 91 pemda penerima penghargaan itu pun diundang hadir di Jakarta.

Baca juga: Sekda DIY: Penerapan prinsip governansi mendukung pertumbuhan ekonomi

Pewarta: Tri Meilani Ameliya
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024