Jakarta (ANTARA) -
Dalam menjaga kesehatan, penting untuk mengetahui kapan waktu ganti pakaian dalam sehari.

Tidak ada batasan berapa kali seseorang harus ganti pakaian dalam sehari, namun, para ahli berpendapat Anda sebaiknya mengganti pakaian setelah beraktivitas fisik berat, seperti berolahraga atau bekerja di luar ruangan. Sebab pakaian yang basah atau kotor dapat memicu pertumbuhan bakteri dan jamur, serta meningkatkan risiko iritasi kulit dan infeksi yang mengakibatkan masalah pada kesehatan tubuh.

Selain itu, penting untuk ganti pakaian setelah berkeringat atau terkena polusi. Keringat dan kotoran pada pakaian dapat menimbulkan ketidaknyamanan serta masalah kesehatan kulit.

Pakaian dalam sebaiknya diganti setiap hari untuk mencegah penumpukan bakteri dan menjaga kebersihan pribadi. Pakaian dalam, meskipun tidak terkena kotoran langsung, tetap bisa kotor akibat kontak dengan keringat dan kotoran tubuh.
 
Alasan penting ganti pakaian secara berkala

Memahami proses alami tubuh setiap hari akan mengilustrasikan betapa cepatnya pakaian menjadi kotor jika tidak diganti. Faktanya, dalam sehari, tubuh manusia mengeluarkan sel-sel kulit, minyak, dan keringat yang menempel pada pakaian.

Selain itu, tubuh menghasilkan sekitar 500 juta sel kulit dan satu liter keringat setiap hari. Penasaran apa akibatnya jika Anda tidak mengganti pakaian secara teratur? Simak penjelasan berikut.

1. Kuman menempel di tubuh

Kuman dapat bertahan hidup di pakaian selama berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan. Pakaian baru, meski masih berlabel, juga dapat terkontaminasi bakteri, norovirus, dan kuman lainnya.

Oleh karena itu, pakaian baru sebaiknya dicuci sebelum dipakai. 

2. Menimbulkan jerawat dan infeksi pada punggung

Penyebab utama jerawat di punggung dan dada adalah tekanan dan gesekan berulang pada kulit, seperti yang terjadi dengan baju ketat atau ransel.

Kondisi itu dapat memburuk jika pakaian yang dikenakan, apalagi saat tidur, sangat kotor. Seprai kasur, bantal, dan pakaian kotor dapat memindahkan kuman dan bakteri ke folikel rambut, yang dapat menyebabkannya penyebaran infeksi.

Secara umum, menjaga kebersihan pakaian adalah langkah sederhana, namun, efektif untuk mencegah masalah kesehatan. Oleh karena itu, pastikan untuk mengganti pakaian secara rutin sesuai kebutuhan guna tetap sehat dan nyaman.

Penting juga untuk memperhatikan kebersihan pakaian sebelum digunakan, terutama dalam cuaca panas atau lembap. Jika pakaian sudah kotor atau bau, sebaiknya segera diganti untuk menjaga kenyamanan dan kesehatan kulit.

Pewarta: M. Hilal Eka Saputra Harahap
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2024