Proyek-proyek perubahan ini bukan sekadar formalitas, namun aksi nyata untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan membawa manfaat seluas-luasnya
Bantul (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta meluncurkan lima proyek perubahan pada sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD), sebagai solusi atas persoalan yang ada dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat.

"Saya harap, proyek-proyek perubahan ini akan dapat memecahkan masalah yang ada, dan dapat menghadirkan solusi konkret bagi masyarakat," kata Bupati Bantul Abdul Halim Muslih saat peluncuran proyek perubahan tersebut di Bantul, Selasa.

Lima proyek tersebut adalah "MBantul Bekerja" untuk mengentaskan pengangguran, proyek mitigasi bencana "Perban" pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bantul, proyek "Gapura Samudra" untuk menangkap peluang emas potensi perikanan Bantul.

Kemudian proyek "Sidamesra" untuk mengatasi masalah kemiskinan dan pelayanan kesejahteraan sosial, serta yang terakhir proyek "Bagong Kelurahan" untuk peningkatan akuntabilitas pemerintah kelurahan di Bantul.

Proyek proyek perubahan itu dilakukan karena melatarbelakangi masyarakat Kabupaten Bantul yang terus bergerak dinamis dari berbagai sisi serta keberadaan bentang alam yang sangat komplit tentu memberikan tantangan dan beragam potensi.

"Proyek-proyek perubahan ini bukan sekadar formalitas, namun aksi nyata untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan membawa manfaat seluas-luasnya," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Bantul Gunawan Budi Santoso mengatakan, inovasi merupakan kata kunci dalam upaya menyukseskan program pembangunan, karena inovasi dapat menghadirkan solusi untuk berbagai masalah.

"Inovasi mengatasi berbagai tantangan yang ada, serta dengan inovasi pula untuk mengoptimalkan peluang-peluang emas yang ada, sehingga akan menjadi akselerator terwujudnya masyarakat Bantul yang harmonis, sejahtera dan berkeadilan," katanya.

Dia juga mengatakan, proyek perubahan ini dilakukan sebagai bentuk komitmen untuk meningkatkan efisiensi, produktivitas, dan kinerja keseluruhan OPD di lingkungan Pemkab Bantul.

"Selain itu, acara ini juga dapat memberikan informasi yang aktual kepada para mitra di OPD agar dapat memberikan implikasi positif terkait dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat Bantul," katanya.

Pewarta: Hery Sidik
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2024