Jakarta (ANTARA) - Komitmen PT Waskita Beton Precast Tbk (kode saham: WSBP) dalam menerapkan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) serta memitigasi risiko diganjar penghargaan di ajang Indonesia Safety Excellence Awards 2024 yang dilaksanakan pada Jumat, 23 Agustus 2024 malam.

Pada ajang bergengsi ini, WSBP berhasil meraih bintang empat dalam tiga kategori sekaligus, yaitu The Best OSH Implementation Company, The Best HSE Department, dan The Best Safety Management in BUMN Company. Selain itu, VP of HSE WSBP, Irvan Panjaitan, turut meraih penghargaan dalam kategori The Best Leadership on OSH Culture.

“Penghargaan ini merupakan wujud nyata dari komitmen kami dalam menjaga keselamatan dan kesehatan kerja di setiap lini bisnis. WSBP tidak hanya berfokus pada hasil produksi yang berkualitas, tetapi juga pada kesejahteraan dan keselamatan seluruh Insan WSBP serta lingkungan yang aman dan berkelanjutan,” ujar Fandy Dewanto VP of Corporate Secretary WSBP.

Penghargaan ini berhasil diraih setelah melalui serangkaian penilaian yang mencakup berbagai indikator utama mulai dari OSH Performance (Kinerja K3), Risk Management & Emergency Response (Manajemen Risiko & Tanggap Darurat), Digital Transformation in OHS Implementation (Transformasi Digital dalam Implementasi K3), Safety in Environment, Social, Governance (ESG), Process Safety (Keselamatan Proses), OSH Innovations (Inovasi dalam K3), dan Manajemen Commitment on OSH (Komitmen Manajemen terhadap K3).

Dalam ajang ini WSBP menunjukkan komitmennya untuk mencegah terjadinya kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja secara konsisten dalam pelaksanaan sistem manajemen K3 dengan mengacu pada standar ISO:45001 dan SMK3. Komitmen ini terlihat dari pemenuhan legislasi dan peraturan perundang-undangan K3 di seluruh proses bisnis, yang didukung dengan programprogram K3 yang telah ditetapkan.

Penyusunan program K3 di WSBP disesuaikan dengan kebutuhan strategis perusahaan serta mendukung program-program pemerintah. Program-program ini meliputi HSE people development program, HSE Operational Excellence, serta berbagai program lainnya yang bertujuan menciptakan lingkungan kerja yang aman dan menurunkan tingkat kecelakaan kerja. Program-program unggulan tersebut mencakup Identifikasi Bahaya, Identifikasi Penyakit Akibat Kerja, Inspeksi Insidental, Verifikasi Sistem Manajemen, Capa Monitoring, pengukuran lingkungan kerja, pengelolaan sistem tanggap darurat, penyuluhan Penyakit Akibat Kerja, Pemeriksaan Fit To Work, dan program lainnya yang mendukung peningkatan indikator program K3.

Tak hanya itu, WSBP juga fokus dalam meningkatkan budaya K3 di perusahaan dengan menetapkan dan menerapkan HSE Golden Rules, aturan dasar yang wajib diikuti oleh seluruh pekerja dan mitra kerja yang beraktivitas di lingkungan WSBP. Selain itu, perusahaan secara rutin melakukan promosi K3, mengadakan webinar, pelatihan, dan pembinaan K3, serta memberikan penghargaan K3 kepada seluruh unit bisnis. 

“Dengan berpegang teguh pada tagline perusahaan ‘Tanggung Jawab K3 ada di Saya’, WSBP terus meningkatkan program-program HSE-nya.” tutup Fandy.

Sebagai perusahaan yang senantiasa menerapkan Tata Kelola Perusahaan yang Baik, WSBP berkomitmen untuk terus memperhatikan aspek keselamatan dan kesehatan kerja dalam setiap proses bisnis. Keberhasilan ini menjadi bukti bahwa WSBP selalu mengutamakan keselamatan dan kesejahteraan seluruh karyawan serta berkontribusi positif dalam menciptakan lingkungan kerja yang aman dan produktif.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2024