Jakarta (ANTARA/JACX) – Sebuah unggahan Facebook menampilkan foto bangunan megah bertingkat serta esjalator yang dipenuhi orang yang dinarasikan sebagai foto pembukaan mal baru dan pertama di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:

“Peresmian mall pertama di IKN 

Menjelang perayaan HUT RI 2024”

Namun, benarkah foto peresmian mal pertama di IKN?

 

Unggahan yang menarasikan foto peresmian mal pertama di IKN. Faktanya, foto tersebut merupakan stasiun bawah tanah Shenzhen. (Facebook)
Penjelasan:

Berdasarkan penelusuran, foto eskalator yang ramai orang dan atap mewah tersebut serupa dengan video di Pond5 yang berjudul “Arus Penumpang Saat Jam Sibuk Malam Hari Di Gangxia Utara Jalur Szmc 11 Bagian Ab Video”.

Selain itu, berdasarkan mesin pencarian Google juga gambar yang diberi keterangan “Arsitektur Modern Metro Shenzhen Di Stasiun Bawah Tanah Angkutan Umum Format Potret Utara Gangxia Di Shenzhen” juga muncul.

Sebelumnya PT Pakuwon Nusantara Abadi telah melakukan groundbreaking mal baru di IKN yang dinamakan Pakuwon Mall Nusantara. Mal itu mengusung desain yang menyatu dengan konsep teras langit dari alam terbuka yang hijau, dan pemandangan langsung ke lembah dan sungai yang berada tepat di samping gedung pusat perbelanjaan. Namun hingga saat ini, belum ada informasi resmi mengenai desain mal pertama di IKN tersebut.

Klaim: Foto peresmian mal pertama di IKN

Rating: Hoaks

Cek fakta: Hoaks! Pemerintah datangkan pawang hujan untuk upacara kemerdekaan RI di IKN

Cek fakta: Hoaks! Patung naga raksasa akan dibangun di IKN

Baca juga: Jokowi minta desain Nusantara Superblock asal Kaltim saingi Jakarta

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
Copyright © ANTARA 2024