Jakarta (ANTARA) - DPP Partai Demokrat resmi memberikan dukungannya kepada Dedi Mulyadi-Erwan Setiawan sebagai pasangan bakal calon gubernur-bakal calon wakil gubernur dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat (Jabar).

Ketua DPP Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menyerahkan surat rekomendasi partainya itu secara langsung kepada pasangan Dedi Mulyadi-Erwan di kantor pusat Demokrat, Jakarta, Selasa.

“Kang Dedi Mulyadi ini punya visi dan misi untuk memajukan Provinsi Jawa Barat, ekonominya semakin maju dan masyarakatnya semakin sejahtera,” kata AHY saat menyerahkan surat rekomendasi.

Dia melanjutkan Demokrat memutuskan mendukung pasangan Dedi Mulyadi dan Erwan Setiawan karena keduanya punya rekam jejak pengalaman yang lengkap di pemerintahan, terutama di daerah Jawa Barat. Dedi Mulyadi pernah menjabat sebagai bupati Purwakarta, sementara Erwan, juga pernah menjabat sebagai wakil bupati Sumedang.

“Ditambah lagi dengan dukungan bobotoh Persib, mudah-mudahan ini menambah semarak dari demokrasi di Jawa Barat,” kata AHY ke Erwan.

Erwan, yang merupakan politikus dan pengusaha, merupakan putra sulung Umuh Muchtar, manajer klub sepak bola asal Bandung, Persib.

Dalam acara itu, Dedi, yang hadir lengkap dengan penutup kepala khas Jawa Barat, berterima kasih atas dukungan yang diberikan oleh Partai Demokrat.

“Ikhtiar kami maju dalam Pemilihan Gubernur Jawa Barat adalah ikhtiar ingin membangun Jawa Barat menjadi provinsi yang memiliki keistimewaan, dan seluruh keistimewaan itu dirasakan oleh masyarakat,” kata Dedi Mulyadi, yang merupakan kader Partai Gerindra.

Keistimewaan itu, dia melanjutkan, mencakup dalam bidang-bidang antara lain pariwisata, sumber daya alam yang melimpah, dan ekonomi.

Pasangan Dedi Mulyadi-Erwan Setiawan pun saat ini mendapatkan dukungan dari partai-partai anggota Koalisi Indonesia Maju (KIM) diantaranya Partai Gerindra, Partai Demokrat, Partai Golkar, PAN, PSI. KIM merupakan koalisi yang mendukung pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka saat Pilpres 2024.

Dedi Mulyadi-Erwan kemungkinan nanti akan berhadapan dengan pasangan Ahmad Syaikhu-Ilham Habibie yang didukung oleh PKS dan Partai NasDem. Ahmad Syaikhu merupakan presiden PKS, sementara Ilham Habibie merupakan pakar penerbangan dan putra sulung dari Presiden Ke-3 RI B. J. Habibie.

Baca juga: Sembilan parpol nonparlemen dukung Dedi Mulyadi pada Pilkada Jabar

Baca juga: Dedi Mulyadi: KIM solid dukung dirinya di Pilkada Jabar

 

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2024