Situbondo (ANTARA) - Bupati dan Wakil Bupati Situbondo petahana Karna Suswandi dan Nyai Khoirani mendaftar sebagai bakal calon bupati dan wakil bupati untuk Pemilihan Kepala Daerah tahun 2024 ke Komisi Pemilihan Umum setempat pada pendaftaran hari pertama, Selasa.

Dengan mengenakan baju berwarna biru, Karna Suswandi dan Nyai Khoirani (disingkat Karunia) menuju Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Situbondo didampingi sejumlah pimpinan partai politik pendukung dan pengusung serta masyayikh.

"Kami memilih hari pertama karena yang pertama ini selalu terdepan," kata Karna Suswandi sembari berseloroh menjawab pertanyaan wartawan saat konferensi pers.

Mengenai persiapan khusus saat mendaftar dan kembali menjadi bakal peserta pilkada kedua kalinya ini, Karna Suswandi mengatu tidak ada persiapan khusus karena langkah yang dilakukannya saat ini merupakan bagian dari ikhtiar.

Untuk target perolehan suara, dia bersama partai pengusung dan pendukung menargetkan minimal 60 persen dari jumlah pemilih di "Kota Santri Pancasila" itu.

Baca juga: KPU Situbondo luncurkan maskot Si-Mesi Pilkada 2024

Bung Karna, sapaan akrabnya, juga menyampaikan visinya pada Pilkada 2024, yakni "Berjaya Berkelanjutan". Berjaya merupakan kependekan dari Berakhlak, Sejahtera, Adil, dan Berdaya.

"Kenapa visi kami tetap sama? Karena program-program kami ke depan tidak jauh berbeda dan sudah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat dan program yang ada akan kami lakukan perbaikan," ujarnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Situbondo Hadi Prayitno menyampaikan bahwa berkas atau dokumen pendaftaran bakal pasangan calon Karna Suswandi dan Nyai Khoirani dinyatakan lengkap.

"Kalau secara administrasi berkasnya sudah lengkap, nanti tinggal kami verifikasi dan ada pula tahapan perbaikan nantinya," katanya.

Hadi menambahkan sejauh ini ada dua bakal pasangan calon yang mengonfirmasi mendaftar ke KPU, salah satunya Karna Suswandi dan Nyai Khoirani.

"Ada dua yang sudah komunikasi dengan kami dan pada hari ini pasangan Karunia mendaftar," ujarnya.

Partai politik pengusung dan pendukung pasangan Karunia jilid II, yakni Partai Gerindra, Partai Demokrat, Partai Golkar, PKS, Partai Gelora, PAN, PBB, PSI, dan Perindo.

Baca juga: KPU Situbondo: Pasangan Karna-Khoirani raih 53 persen suara
Baca juga: KPU Situbondo terima dana hibah Rp36 miliar untuk Pilkada 2024

Pewarta: Novi Husdinariyanto
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2024