Kami berkomitmen terus meningkatkan pelayanan kepada para pelanggan untuk mewujudkan kereta api sebagai moda transportasi massal yang aman
Medan (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional I Sumatera Utara mencatat pada semester I tahun 2024 telah mengangkut sebanyak 1.270.295 penumpang atau meningkat 17 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2023 sebanyak 1.087.674 penumpang.

Manager Humas PT KAI Divre I Sumut, Anwar Solikhin di Medan, Selasa, mengatakan terjadi peningkatan jumlah penumpang pada semester I 2024 ini sebanyak 182.621 penumpang atau 17 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

"Peningkatan jumlah penumpang ini menunjukkan semakin tingginya kepercayaan masyarakat dalam memilih kereta api sebagai moda transportasi dalam bepergian karena adanya peningkatan pelayanan yang telah dilakukan oleh pihak KAI Divre I Sumut," katanya.

Peningkatan pelayanan tersebut diantaranya seperti kemudahan dalam pemesanan tiket yang bisa dipesan H-45 sebelum keberangkatan secara online dan kebijakan pengembalian dana pembatalan tiket maksimal 7 hari dari sebelumnya 30 hingga 45 hari dengan proses pembatalan dapat dilakukan melalui aplikasi Access by KAI.

Hal tersebut memudahkan masyarakat pengguna jasa angkutan kereta api dalam merencanakan perjalanannya dengan baik.

Ia menambahkan, para periode semester 1 2024 ini penumpang kereta api terbanyak terjadi pada bulan April sebanyak 241.381 penumpang yang berangkat menuju berbagai kota di wilayah Divre I Sumut.

"Hingga saat ini, jumlah penumpang terbanyak terjadi pada bulan April yang lalu dimana banyak masyarakat memanfaatkan momen libur panjang Hari Raya Idul Fitri menggunakan kereta api untuk pulang ke kampung halaman," katanya.

Berdasarkan data, lanjut dia, Kereta Api Putri Deli relasi Stasiun Medan - Stasiun Tanjung Balai menjadi favorit masyarakat dengan jumlah penumpang sebanyak 603.838 orang, diikuti Kereta Api Sribilah Utama relasi Stasiun Medan - Stasiun Rantauprapat sebanyak 325.096 penumpang.

Selanjutnya Kereta Api Siantar Ekspress relasi Stasiun Medan - Stasiun Siantar sebanyak 221.165 penumpang, Kereta Api Datuk Belambangan relasi Stasiun Tebing Tinggi - Stasiun Lalang sebanyak 74.241 penumpang, dan Kereta Api Cut Meutia relasi Stasiun Krueng Geukueh - Stasiun Kutablang sebanyak 45.955 penumpang.

Kemudian untuk kepadatan di stasiun, Stasiun Medan menjadi stasiun "tersibuk" dengan jumlah penumpang berangkat dan tiba sebanyak 895.970 penumpang, diikuti Stasiun Kisaran sebanyak 280.086 penumpang, Stasiun Tanjungbalai sebanyak 238.272 penumpang, Stasiun Rantauprapat sebanyak 204.048 penumpang, dan Stasiun Tebing Tinggi sebanyak 194.031 penumpang.

"Kami berkomitmen terus meningkatkan pelayanan kepada para pelanggan untuk mewujudkan kereta api sebagai moda transportasi massal yang aman, nyaman dan selamat. KAI Divre I Sumut juga mengucapkan terima kasih atas kepercayaan masyarakat yang setia memilih kereta api sebagai moda transportasi pilihan untuk mendukung mobilitas," katanya.

Baca juga: KAI Divre I Sumut hadirkan promo "Juleha" untuk KA Sribilah Utama
Baca juga: KAI Sumut berangkatkan 146 ribu penumpang selama libur sekolah 

 

Pewarta: Juraidi
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2024