Masuknya penerbangan Scoot, diharapkan menjadi momen kebangkitan Bandara Kertajati, mengingat bandara ini memiliki fasilitas yang mumpuni
Bandung (ANTARA) -
Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati membuka penerbangan rute Kertajati (Majalengka) ke Singapura mulai 28 September 2024.

Direktur PT BIJB Muhammad Singgih di Bandung, Jawa Barat, mengatakan maskapai yang akan mengisi penerbangan jalur Kertajati-Singapura adalah Scoot.

"Masuknya penerbangan Scoot, diharapkan menjadi momen kebangkitan Bandara Kertajati, mengingat bandara ini memiliki fasilitas yang sudah sangat mumpuni," ujar Singgih di Bandung, Selasa.

Singgih mengatakan menjelang penerbangan perdananya, ada promo tiket seharga Rp450.000 yang sudah bisa dipesan masyarakat mulai 6 Agustus 2024.

Selain tiket promo, ada juga tiket shuttle travel gratis antarmoda dari dan menuju BIJB Kertajati. Tak tanggung-tanggung ada 3.014 lembar tiket shuttle gratis, 1.360 di antaranya dari Scoot, yang berlaku hingga akhir Desember 2024.

Cara klaimnya cukup tunjukkan "boarding pass" atau tiket pemesanannya dan petugas shuttle akan melayani.

Baca juga: Penerbangan ke Singapura dari Bandara Kertajati mulai 26 September

Baca juga: Jabar jajaki kerja sama dengan travel implementasikan BIJB pusat umrah


Majalengka-Singapura menjadi rute internasional komersial kedua setelah sebelumnya lebih dulu dibuka rute Majalengka-Kuala Lumpur.​​​​​​​

Singgih berharap dengan penambahan penerbangan internasional ini menjadi titik awal penerbangan langsung (direct) lainnya ke berbagai belahan dunia.

"Harapan kami dengan ada penerbangan dari Scoot dapat menjadi pembuka untuk penerbangan umrah dan penerbangan direct ke Timur Tengah," kata Singgih.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jabar Benny Bachtiar mengatakan BIJB memiliki modal lebih dari cukup, di mana selain fasilitas yang memadai, BIJB juga memiliki rekam jejak bagus karena pada musim haji tahun ini menjadi embarkasi dan debarkasi resmi haji dengan kode penerbangan 'KJT'.

Rute baru Majalengka-Singapura juga akan menggairahkan dunia pariwisata kawasan pantura seperti Cirebon, Majalengka, Kuningan dan Indramayu.

Harapannya, dapat meningkatkan okupansi hotel, kemunculan destinasi wisata baru dan tempat akomodasi baru, serta pertumbuhan travel dan biro perjalanan.

Rute baru Majalengka-Singapura juga akan meningkatkan konektivitas wilayah dua provinsi.

"Penerbangan langsung ke Singapura ini tidak hanya membuka akses perjalanan warga Jabar saja, tapi warga Jateng sekitar pantura seperti Kabupaten Brebes dan sekitarnya," kata Benny Bachtiar.

Apalagi, dengan kehadiran Tol Trans Jawa, perjalanan dari Jawa Tengah menuju Majalengka menjadi lebih singkat.

Begitu pun, warga dari Bandung Raya, dengan kehadiran Tol Cisumdawu, BIJB dapat menjadi alternatif.

"Masyarakat kini semakin mudah jika ingin berpergian ke Singapura, untuk berwisata, berobat, perjalanan bisnis, atau sekolah di Singapura," tutur Benny.

Baca juga: Menhub pastikan Bandara Kertajati jadi pusat umrah

Baca juga: Menparekraf gencar mempromosikan Bandara Kertajati datangkan wisman

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024