Penjagaan paling banyak di pintu luar gerbang KPU DKI sebanyak 211 personel
Jakarta (ANTARA) - Kepolisian fokus menjaga pintu masuk dan luar gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta selama pendaftaran Calon Gubernur (Cagub) dan Calon Wakil Gubernur (Cawagub) dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI.
 
"Penjagaan kami fokuskan di gerbang masuk KPU DKI, area luar, dan dalam KPU DKI selama pendaftaran Pilkada 2024 ini," kata Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Polisi Susatyo Purnomo Condro saat dihubungi di Jakarta, Selasa.
 
Personel gabungan tersebut terdiri atas Polda Metro Jaya, Polres Metro Jakarta Pusat, TNI, Pemda DKI, dan instansi terkait.
 
Susatyo menyebut personel keamanan ditempatkan di sekitar Gedung KPU DKI untuk mencegah jika ada massa aksi masuk ke dalam gedung penyelenggara pemilihan umum (pemilu) tersebut.
 
Selain itu, pengamanan dilakukan untuk mewujudkan Pilkada yang aman, damai, dan tertib baik bagi masyarakat, peserta, dan penyelenggara.
 
"Untuk berjaga dan mengantisipasi, dalam rangka pengamanan pendaftaran Pilkada di Gedung KPU DKI dan sekitarnya, kami melibatkan sejumlah 388 personel gabungan," ujar Susatyo.
 
Penjagaan paling banyak di pintu luar gerbang KPU DKI sebanyak 211 personel, pintu masuk depan KPU DKI 61 personel, area gedung KPU DKI 41 personel, dan sisanya di sekitar parkir KPU DKI dan jalan sekitar gedung.
 
KPU DKI mengumumkan pelaksanaan pendaftaran pasangan calon gubernur dan wakil gubernur pada 27-29 Agustus 2024 dengan menerapkan aturan berdasarkan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait Pilkada 2024.
 
KPU DKI Jakarta membuka posko tanggapan warga terkait Daftar Pemilih Sementara (DPS) di 267 kelurahan di DKI Jakarta pada 18-27 Agustus 2024 untuk memastikan warga yang memiliki hak pilih terdaftar sebagai pemilih di Pilkada 2024.
 
Selain itu, posko tanggapan itu juga bisa digunakan masyarakat memperbaiki data diri yang salah atau kurang dalam situs https://cekdptonline.kpu.go.id/.
 
Terdapat 8.248.283 warga yang masuk dalam DPS di seluruh wilayah DKI Jakarta.
Baca juga: RK-Suswono dan Dharma-Kun daftar Pilkada DKI pada 28-29 Agustus
Baca juga: PDIP akan usung Pramono-Rano Karno di Pilkada Jakarta 2024
Baca juga: Polisi kerahkan 1.088 personel amankan pendaftaran Pilkada DKI

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024