Mudah-mudahan penghargaan hari ini menjadi penghargaan yang berdampak
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas memberikan penghargaan kepada 33 orang aparatur sipil negara atau ASN teladan untuk memacu peningkatan kinerja.

"Ini (penghargaan ASN) menjadi cara dari pemerintah untuk mendorong agar ASN kita ke depan bekerja, berkinerja, dan berdampak," ujar Azwar Anas ketika memberi sambutan dalam acara ASN Talent Fest 2024 dan Anugerah ASN 2023 di Jakarta, Selasa.

Azwar Anas berharap penghargaan yang diberikan kepada para ASN dapat menjadi penghargaan yang berdampak, sebagaimana perintah Presiden Joko Widodo untuk mendorong reformasi birokrasi yang berdampak.

"Kita melibatkan PPATK dan BIN untuk melihat rekam jejak mereka dan mereka teruji. Bukan hanya kerja di ruangan, tetapi integritasnya juga teruji," kata Menteri PANRB.

Baca juga: KemenPANRB beri penghargaan 10 daerah penyelenggaraan MPP terbaik

ASN Talent Fest 2024 dan Anugerah ASN diharapkan mendorong terbentuknya talent pool di instansi pemerintah, khususnya di Ibu Kota Nusantara (IKN) dan daerah 3T (tertinggal, terdepan, terluar), serta mendorong terciptanya ASN yang kompetitif dan profesional untuk memberikan pelayanan publik yang berdampak.

Ada 11 kategori dalam Anugerah ASN ini, yakni Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Madya Terbaik yang dimenangi Suryo Utomo dari Kementerian Keuangan, JPT Pratama Terbaik yang dimenangi I Putu Eka Merthawan dari Pemerintah Kabupaten Badung, Jabatan Administrator Terbaik yang dimenangi Idi Bantara dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Untuk kategori Jabatan Pengawas Terbaik diraih Teguh Haris Pathon dari Pemerintah Kota Bandung, kategori Best Employee direbut Inarni Nur Dyahwanti dari Pemerintah Kabupaten Temanggung, dan kategori Dosen Terbaik disabet Krisdiana Wijayanti dari Kementerian Kesehatan.

Kemudian, untuk Guru Inklusi Terbaik dimenangi Supriyono dari Kementerian Agama, Guru Terbaik diraih Kuswanto dari Pemerintah Kabupaten Sigi, Dokter Terbaik disabet Anang Endaryanto dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Bidan Terbaik dimenangi Baiq Mery Shintana dari Kabupaten Lombok Timur, serta Perawat Terbaik direbut Sulistianingsih dari Kabupaten Banyumas.

Pegawai ASN terbaik dari setiap kategori menerima Piala Adhigana dari Menteri PANRB.

"Mudah-mudahan penghargaan hari ini menjadi penghargaan yang berdampak, begitu juga pertemuan hari ini akan menjadi pertemuan yang berdampak," ucap Azwar Anas.

Baca juga: Kementerian PANRB perkuat mobilitas talenta ASN di IKN dan 3T
Baca juga: Menteri PANRB: INA Digital mengatasi problem birokrasi kedepan

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2024