Jakarta, Indonesia--(ANTARA/Business Wire)-- BDx Indonesia adalah perusahaan patungan antara BDx Data Centers, Indosat Ooredoo Hutchison (IOH), dan Lintasarta. Bersama NeutraDC, anak perusahaan Telkom Indonesia, dengan bangga BDx Indonesia mengumumkan peluncuran ekosistem Internet Exchange (IX) fase pertama yang saling terhubung di Indonesia.

Inisiatif ini pertama kali diungkapkan saat upacara penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) di konferensi Pacific Telecommunications Council (PTC) 2024 bulan Januari, dan akan menghasilkan pembentukan portofolio yang mencakup 108 lokasi bersama dan lokasi edge yang saling terhubung di seluruh Indonesia. Fase 1 mencakup peluncuran operasional kampus CGK3 & 3A milik BDx di Jakarta dan fasilitas NeutraDC di Cikarang. Semua lokasi ini akan menjadi titik agregasi internet sehingga menciptakan tulang punggung internet yang sangat terhubung dan tangguh yang akan mendukung transformasi digital di Indonesia.

NeutraDC dan BDx Indonesia akan mengoperasikan Internet Exchange (IX) independen yang saling terhubung dengan ekosistem pusat data masing-masing, sehingga menghadirkan pengalaman tanpa kendala bagi pelanggan. BDx IX PoP sudah aktif di CGK3A dan akan diluncurkan di fasilitas NeutraDC Cikarang pada bulan September 2024. NeutraDC dan BDx IX akan terhubung di ekosistem serat optik multi-terabit, sehingga menciptakan jaringan tangguh berkecepatan tinggi di jaringan IOH dan Telkom.

"BDx bangga bekerja sama dengan NeutraDC berdasarkan semangat Gotong Royong untuk memajukan infrastruktur digital di Indonesia," kata Mayank Srivastava, CEO BDx Data Centers. "Inisiatif ini akan sangat membantu meningkatkan kualitas infrastruktur internet dalam memberikan pengalaman lebih baik bagi pengguna untuk semua segmen pelanggan."

Saat acara peluncuran ekosistem Internet Exchange (IX) fase pertama yang saling terhubung di Indonesia, CEO NeutraDC, Andreuw Th.A.F, menekankan pentingnya kemitraan ini untuk memajukan bidang digital nasional. Beliau menekankan bahwa tujuan kerja sama ini adalah untuk meningkatkan infrastruktur sekaligus menetapkan standar baru bagi konektivitas digital di seluruh Indonesia.

"Kemitraan strategis kami dengan BDx Indonesia merupakan pencapaian penting dalam mendukung transformasi digital di Indonesia. Kerja sama ini dirancang untuk menyediakan akses internet, dengan memastikan bahwa daerah-daerah paling terpencil sekali pun juga terhubung ke jaringan digital yang tangguh dan kuat. Dengan bekerja sama, kami akan menyediakan akses internet dan mengembangkan bidang digital yang transformatif," kata Andreuw Th.A.F.

Inisiatif ini akan jauh lebih memajukan konektivitas internet di seluruh Indonesia sehingga menguntungkan bisnis, mendorong pertumbuhan ekonomi, dan meningkatkan inklusi digital. Dengan 108 lokasi yang saling terhubung, inisiatif ini menawarkan ketahanan lebih baik, akses lebih cepat, skalabilitas, dan pemulihan yang kuat setelah bencana. Pusat-pusat data AI khusus milik BDx dirancang untuk memenuhi persyaratan pelatihan AI yang menuntut sedangkan jaringan infrastruktur yang saling terhubung mendukung inferensi edge, sehingga menciptakan model AI terdistribusi tahan banting di masa depan. Selain itu, pelanggan yang tidak dihosting di fasilitas BDx atau NeutraDC dapat terhubung ke ekosistem dari mana saja di Indonesia dengan menyiapkan backhaul ke lokasi telekomunikasi netral BDx atau NeutraDC terdekat, sehingga memastikan integrasi dan konektivitas regional tanpa kendala.

Kota-kota utama seperti Batam, Surabaya, Medan, Makassar, Bandung, dan Semarang termasuk dalam rencana perluasan fase 2.

Tentang BDx Data Centers https://www.bdxworld.com/

Tentang NeutraDC https://www.neutradc.com/

Tersedia Galeri Multimedia/Foto: https://www.businesswire.com/news/home/54113138/en

Pengumuman ini dianggap sah dan berwenang hanya dalam versi bahasa aslinya. Terjemahan-terjemahan disediakan hanya sebagai alat bantu, dan harus dengan penunjukan ke bahasa asli teksnya, yang adalah satu-satunya versi yang dimaksudkan untuk mempunyai kekuatan hukum.

Kontak
Richa Babbar

Sumber: BDx Data Centers

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2024