Jakarta (ANTARA) - Perusahaan bioteknologi NalaGenetics mengajak para praktisi gizi klinik untuk membahas pendekatan nutrigenomik atau hubungan antara faktor genetik dengan nutrisi tubuh sebagai sebuah pendekatan baru dalam menjaga kesehatan pasien.

Dalam diskusi "Optimize Heart Health: Integrating Genetics into Nutritional Care" di Jakarta, NalaGenetics bersama 20 dokter spesialis gizi klinik yang hadir dalam 9th Jakarta Annual Meeting on Clinical Nutrition dan Pertemuan Ilmiah Terbuka Persatuan Dokter Gizi Klinik Indonesia (PIT PDGKI) juga membahas pentingnya integrasi genetik dalam perawatan nutrisi kardiovaskular.

"Kami sangat antusias membawa pendekatan baru dalam nutrisi yang dipersonalisasi kepada praktisi di Indonesia, terutama dalam pencegahan penyakit kardiometabolik," ujar Co-Founder dan Chief Executive Officer NalaGenetics Levana Laksmicitra Sani dalam siaran pers pada Selasa.

Baca juga: Nutrigenomik dan nutrigenetik, diet futuristik berbasis genetik

Pendekatan diet yang dipersonalisasi melalui nutrigenomik berdasarkan profil genomik juga bisa menghasilkan diet akurat yang seusai dengan rekomendasi nutrisi, mengacu pada kebutuhan dan risiko kesehatan pasien.

"Dan kami telah melihat dampak positif pencegahan berbagai penyakit melalui gaya hidup dan pola makan terhadap kehidupan pasien, termasuk mereka yang memiliki risiko penyakit kardiovaskular," kata Levana.

Dalam diskusi tersebut, dokter spesialis gizi klinik konsultan gizi pada kelainan metabolisme Rumah Sakit Pondok Indah-Puri Indah dr Ida Gunawan, MS, Sp.GK (K) FINEM memimpin sesi dengan membahas integrasi genetik dalam perawatan nutrisi kardiovaskular.

Baca juga: Nutrisi penting untuk mengoptimalkan saraf vagus 

Dokter itu menjelaskan, diskusi kesehatan ini bisa menjadi ajang berbagi ilmu untuk para dokter mengenai bagaimana pengujian genetik dapat memberikan wawasan penting tentang risiko penyakit kardiovaskular serta cara menerapkan pendekatan nutrigenomik dalam menjaga kesehatan pasien.

Para dokter yang berpartisipasi dalam diskusi ini menunjukkan keseriusan mereka dalam mengeksplorasi potensi pengujian genetik sebagai salah satu alat untuk mengukur risiko kesehatan jantung pasien mereka.

"Kami berharap NalaGenetics dapat terus memberdayakan dan berkolaborasi dengan lebih banyak praktisi di masa depan," kata Levana.

Baca juga: Pakar: Pola makan dan nutrisi seimbang bantu sehatkan sel tubuh

NalaGenetics merupakan perusahaan yang berfokus pada layanan kesehatan personal yang inovatif berbasis tes DNA. Melalui layanan tes DNA, NalaGenetics mampu menyediakan informasi yang detail dan spesifik mengenai kondisi kesehatan dan nutrisi sesuai kebutuhan masing-masing pasien.

Dimulai sejak 2016, NalaGenetics kini menjangkau 12 negara di Asia Tenggara, bekerja sama dengan lebih dari 20 mitra lab, dan merilis lebih dari 40.000 laporan DNA.

Baca juga: Sarapan baik untuk lengkapi nutrisi tubuh

Baca juga: Nutrisi seimbang dan olahraga teratur penting jaga kebugaran tubuh

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024