Los Angeles (ANTARA) - SpaceX pada Selasa (27/8) menargetkan peluncuran sebuah misi baru yang akan melakukan aktivitas di luar wahana antariksa (extravehicular activities/EVA), atau yang dikenal sebagai spacewalk, komersial pertama dalam sejarah.

Empat warga sipil akan ikut serta dalam peluncuran misi tersebut, yang diberi nama Polaris Dawn, dan dijadwalkan lepas landas pada Selasa pukul 03.38 Eastern Time (atau 14.38 WIB) dari Kennedy Space Center NASA di Florida.

Ini akan menjadi penerbangan antariksa manusia pertama bagi para kru, yang terdiri dari Pilot Misi Kidd Poteet, Spesialis Misi Sarah Gillis, serta Spesialis Misi sekaligus Staf Medis Anna Menon.

Dalam misi beberapa hari mereka di orbit, para kru dan pesawat antariksa Dragon akan berupaya melakukan penerbangan untuk mencapai orbit Bumi yang paling tinggi sejak program Apollo dan berpartisipasi dalam spacewalk komersial yang pertama dalam sejarah, menurut SpaceX.

Mereka juga akan melakukan 36 studi penelitian dan eksperimen dari 31 institusi mitra yang dirancang untuk memajukan kesehatan manusia di Bumi dan dalam penerbangan antariksa berdurasi panjang, serta menguji komunikasi berbasis laser Starlink di luar angkasa, menurut SpaceX.

Pewarta: Xinhua
Editor: Santoso
Copyright © ANTARA 2024