Di tengah kursi-kursi tenda dipamerkan maskot KPU DKI untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI yakni Macan Kemayoran
Jakarta (ANTARA) - Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI, Senen, Jakarta Pusat semarak dengan ornamen Betawi selama pendaftaran Calon Gubernur dan Wakil Gubernur dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI.
 
"Pendaftaran pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Tahun 2024 dilaksanakan Selasa-Kamis 27-29 Agustus," kata Ketua KPU DKI Wahyu Dinata di Jakarta, Selasa.
 
Dalam keterangannya, Wahyu menyebut pendaftaran calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI selama dua hari pertama berlangsung mulai pukul 08.00 hingga 16.00 WIB. Sedangkan pada 29 Agustus dilaksanakan pukul 08.00 hingga 23.59 WIB.
 
Berdasarkan pantauan di lokasi, terlihat banyak ornamen Betawi menghiasi kantor yang berada di Jalan Salemba Raya No.15 Paseban, Senen, Jakarta Pusat.
 
Dari pintu masuk hingga lobi kantor KPU DKI sudah dipenuhi tenda dan kain berwarna merah putih melambangkan bendera Indonesia.
 
Di tengah kursi-kursi tenda dipamerkan maskot KPU DKI untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI yakni Macan Kemayoran (Mayor).
 
Kemudian, terdapat rumah tradisional Betawi yakni Rumah Kebaya atau Rumah Bapang yang didominasi warna hijau dan kuning.
 
Dari pintu rumah itu terjajar dua ondel-ondel Betawi dan hiasan kembang kelapa dengan warna senada seakan menyambut para tamu yang masuk ke kantor KPU DKI.
 
Di depan rumah Bapang juga terdapat miniatur Monas sebagai ikon kota DKI Jakarta. Kemudian, di samping juga ada pedagang kerak telor.
 
Arus lalu lintas di sekitar kantor KPU DKI dijaga oleh pihak Kepolisian, Satpol PP, dan Dinas Perhubungan DKI untuk memastikan kawasan aman dan steril selama pelaksanaan acara.
 
KPU DKI mengumumkan pelaksanaan pendaftaran pasangan calon gubernur dan wakil gubernur pada 27-29 Agustus 2024 dengan menerapkan aturan berdasarkan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait Pilkada 2024.
 
KPU DKI Jakarta membuka posko tanggapan warga terkait Daftar Pemilih Sementara (DPS) di 267 kelurahan di DKI Jakarta pada 18-27 Agustus 2024 untuk memastikan warga yang memiliki hak pilih terdaftar sebagai pemilih di Pilkada 2024.
 
Selain itu, posko tanggapan itu juga bisa digunakan masyarakat memperbaiki data diri yang salah atau kurang dalam situs https://cekdptonline.kpu.go.id/.
 
Terdapat 8.248.283 warga yang masuk dalam DPS di seluruh wilayah DKI Jakarta.
Baca juga: Khawatir nama dicatut, warga di Palmerah datangi posko data pemilih
Baca juga: Hari ini, 106 DPRD DKI periode 2024-2029 dilantik
Baca juga: DKI sepekan, uji coba makan bergizi hingga sekolah swasta gratis

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024