Pemilik rumah  dan anaknya mengalami luka bakar ringan
Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Sudin Gulkarmat) Jakarta Pusat menerjunkan 75 personel untuk memadamkan kebakaran rumah di permukiman warga kawasan Jalan Kebon Kosong Gang 8 RW 02, Kemayoran, Jakarta Pusat.
 
"Total kami kerahkan sebanyak 15 unit mobil pemadam dengan kekuatan personel sebanyak 75 orang," kata Kepala Sudin Gulkarmat Jakarta Pusat Asril Rizal saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa.
 
Asril mengatakan informasi kejadian kebakaran diterima saat warga mendatangi ke Pos Pemadam Kemayoran sekitar pukul 05.50 WIB. Lalu pihaknya langsung menurunkan petugas untuk melakukan penanganan.
 
Saat petugas pertama tiba di lokasi sekitar pukul 05.56 WIB, kondisi api sudah membesar dan menyambar ke bangunan di sekitar. Setelah dilakukan penanganan sekitar satu jam, pada pukul 07.05 WIB, situasi kebakaran dinyatakan sudah bisa dilokalisir dan proses pemadaman memasuki tahap pendinginan.
 
Dari laporan yang dihimpun jajaran, kata Asril, kejadian tidak sampai mengakibatkan korban jiwa.
 
"Pemilik rumah  dan anaknya mengalami luka bakar ringan. Kejadiannya kemungkinan saat berupaya melakukan penanganan awal," ucap Asril.
 
Sementara itu Kepala Seksi Sudin Gulkarmat Jakarta Pusat Ahmad Syaiful mengatakan dari keterangan sejumlah saksi diketahui kebakaran berawal dari rumah salah seorang warga yang berprofesi sebagai pedagang bakso. Sebelum kejadian, korban tengah memasak bakso untuk dagangannya.
 
Lalu, pada saat memasak tiba-tiba terjadi sambaran api yang diduga dari kebocoran pada selang regulator gas. Korban sempat berupaya memadamkan api dengan peralatan seadanya namun tak berhasil, api dengan cepat membesar dan sulit dikendalikan.
 
Akibat kejadian kebakaran itu, terdata sebanyak empat rumah kontrakan di RT 12/02 Kebon Kosong serta dua rumah warga di RT 13/02 Kebon Kosong mengalami rusak dan hangus. Secara keseluruhan, luas area terdampak kebakaran sekitar 200 meter persegi.
 
"Total sebanyak enam kepala keluarga dengan jumlah 19 jiwa terdampak. Diduga kebakaran dipicu kerusakan regulator selang kompor gas. Taksiran kerugian  Rp280 juta," ucap Ahmad.
Baca juga: Gulkarmat turunkan 35 personel padamkan kebakaran di Mall PluitVillage
Baca juga: Warga diimbau waspadai kebakaran di tengah fenomena cuaca panas
Baca juga: PMI Jaksel salurkan alat sekolah ke anak penyintas kebakaran Manggarai

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024