Jakarta (ANTARA) - Sholat merupakan salah satu ibadah dalam Islam yang menjadi kewajiban bagi setiap muslim. Setelah melaksanakan sholat, umat muslim dianjurkan untuk membaca doa sebagai penutup sholat.
 
Doa memiliki keutamaan yang sangat istimewa, terutama doa yang dipanjatkan setelah melakukan ibadah sholat.

Setelah sholat dipercayai sebagai waktu yang mustajab untuk berdoa agar terkabul, walaupun doa bisa dilakukan kapan saja.
 
Doa-doa ini merupakan permohonan kepada Allah SWT, diucapkan dengan penuh keikhlasan, kepercayaan, dan harapan akan terkabulnya semua hajat yang diinginkan.
 
Dalam surah Al-Ghafir ayat 60, Allah SWT bersabda.
 
وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُوْنِيْٓ اَسْتَجِبْ لَكُمْ ۗاِنَّ الَّذِيْنَ يَسْتَكْبِرُوْنَ عَنْ عِبَادَتِيْ سَيَدْخُلُوْنَ جَهَنَّمَ دَاخِر

Artinya: "Berdoalah kepada-Ku niscaya akan Aku perkenankan bagimu (apa yang kamu harapkan). Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri tidak mau beribadah kepada-Ku akan masuk (neraka) Jahanam dalam keadaan hina dina.”
 
Selain itu, doa setelah sholat dapat memberikan ketenangan hati, memperkuat iman, melindungi diri dari godaan syaiton dan bahaya, mendekatkan diri kepada Allah, dan diampuni dosa-dosa yang dimiliki umatnya.
 
Terdapat banyak doa yang dapat dibaca setelah sholat. Berikut ini beberapa doa setelah sholat yang dapat Anda baca dan amalkan.
 
Doa sesudah sholat
 
اعُوذُ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّحِيمِ بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ الحمد للَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ ، حَمَدًا يُوَا فِي نِعَمَهُ وَتَكَا فِي مزيده

A'uudzu billaahi minasy-syaithaanirrajiim. Bismillaahirrahmaanir-rahiim. Al-hamdu lillaahi rabbil-'aalamiin, ham-day yuwaafii ni'amahu wa yukaafii maziidah.

Artinya: "Aku berlindung kepada Allah dari godaan setan yang terkutuk Dengan nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang Segala puji bagı Allah Tuhan seru sekalian alam, dengan pujian yang sesuai dengan nikmat-nikmat-Nya dan memadai dengan penambahan-Nya."
 
يَا رَبَّنَا لكَ الحَمْدُ كَمَا يَنْبَغِي لِجَلَالِ وَجْهِكَ وَعَظِيمٍ سُلْطَانِكَ

​​​​​​​Yaa rabbanaa lakal-hamdu kamaa yambagii li jalaali wajhika wa 'azhiimi sulthaanik.

Artinya: "Wahai Tuhan kami, hanya bagi-Mu segala puji, sebagaimana pujian itu patut terhadap kemuliaan-Mu dan keagungan-Mu."
 
اللهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ

​​​​​​​Allaahumma shalli 'alaa sayyidinaa Muhammadiw wa 'alaa aali sayyidinaa Muhammadin

Artinya: "Ya Allah, limpahkanlah rahmat dan kesejahteraan kepada junjungan kita Nabi Muhammad beserta keluarganya."
 
اَللَّهُمَّ اهْدِنِي لِأَحْسَنِ الأَخْلَاقِ، لَا يَهْدِي لِأَحْسَنِهَا إِلَّا أَنْتَ وَاصْرِفْ عَنِّي سَيِّئَهَا لَا يَصْرِفُ عَنِّي سَيِّئَهَا إِلَّا أَنْتَ

​​​​​​​Allahummahdini li ahsanil akhlaq. La yahdi li ahsaniha illa anta. Washrif ‘anni sayyi’aha. La yashrifu ‘anni sayyi’aha illa anta.

Artinya, “Ya Allah, bimbimbinglah diriku pada akhlak paling terpuji karena tidak ada yang dapat membimbing kepadanya kecuali Engkau. Palingkanlah aku dari akhlak yang buruk karena sungguh tidak ada yang dapat memalingkannya dariku kecuali Engkau.”
 
اللَّهُمَّ رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا صَلَا تَنَا وَصِيَا مَنَا وَرُكُوْعَنَا وَسُجُودَنَا وَقُعُودَنَا وَتَضَرُّ عَنَا وَتَخَشْعَنَا وَتَعَبُدَنَا وَتَمِّمْ تَقْصِيرَنَا يَا اللَّهُ يَا رَبَّ العَالَمِينَ

​​​​​​​Allaahumma rabbanaa taqabbal-minnaa shalaatanaa wa shiyaamanaa wa rukuu'anaa wa sujuudanaa wa qu'uudanaa wa tadharru'anaa wa takhasysyu'anaa wa ta'abbudanaa wa tammim taqshiiranaa yaa Allaah yaa rabbal-aalamiin.

Artinya: "Ya Allah, terimalah shalat kami, puasa kami, rukuk kami, sujud kami, duduk rebah kami, khusyuk kami, pengabdian kami, dan sempurnakanlah apa yang kami lakukan selama shalat ya Allah, Tuhan seru sekalian alam."
 
اللَّهُمَّ أَعِنَّا عَلَى ذِكْرِكَ وَشُكْرِكَ وَحُسْنِ عِبَادَتِكَ

​​​​​​​Allaahumma a'innaa 'alaa dzikrika wa syukrika wa husni ibaadatik.

Artinya: "Ya Allah, ya Tuhan kami, tolonglah kami untuk selalu mengingat-Mu dan mensyukuri rahmat dan nikmat-Mu, dan perbaikilah amal ibadah kami kepada-Mu."
 
رَبَّنَا ظَلَمْنَا أَنْفُسَنَا وَإِنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُونَنَّ مِنَ الْخَاسِرِينَ

​​​​​​​Rabbanaa zhalamnaa anfusanaa wa in lam taghfir lanaa wa tarhamnaa lanakuunanna minal-khaasiriin.

Artinya: "Ya Allah, Kami telah aniaya terhadap dırı kami sendiri karena itu ya Allah jika tidak dengan limpahan ampunan dan rahmat. Mu niscaya kami akan jadi orang yang sesat."
 
رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَا إِنْ نَسِينَا أَوْ أَخْطَأْنَا

​​​​​​​Rabbanaa laa tu'aakhidznaa in nasiinaa au akhtha'naa.

Artinya: "Ya Allah, ya Tuhan kami, janganlah Engkau menyiksa kami jika kami lupa atau kami bersalah."
 
رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِنَا

​​​​​​​Rabbanaa wa laa tahmil-'alainaa ishran kamaa hamal- tahuu 'alal-ladziina min qablinaa.

Artinya: "Ya Allah Tuhan kami! Janganlah Engkau pikulkan atas diri kamı beban yang berat sebagaimana yang pernah Engkau bebankan kepada orang yang terdahulu dari kami"
 
رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِ وَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا أَنْتَ مَوْلَانَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ .

​​​​​​​Rabbanaa wa laa tuhammilnaa maa laa thaaqata lanaa bihii wa'fu 'annaa waghfir lanaa warhamnaa anta maulaanaa fanshurnaa 'alal-qaumil-kaafiriin.

Artinya: "Ya Allah Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan atas diri kami apa yang diluar kesanggupan kami. Ampunilah dan limpahkan lah rahmat ampunan terhadap diri kami ya Allah. Ya Allah Tuhan kami, berilah kami pertolongan untuk melawan orang yang tidak suka kepada agama-Mu."
 
اَللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ خَيْرَ هَذَا الْيَوْمَ فَتْحَهُ وَنَصْرَهُ وَنُوْرَهُ وَبَرَكَتَهُ وَهُدَاهُ. اَللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ خَيْرَ هَذَا الْيَوْمَ وَخَيْرَ مَا فِيْهِ وَخَيْرَ مَا قَبْلَهُ وَخَيْرَ مَا بَعْدَهُ. وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّ هَذَا الْيَوْمِ وَشَرِّ مَا فِيْهِ وَشَرِّ مَا قَبْلَهُ وَشَرِّ مَا بَعْدَهُ

“Allahumma inni as’aluka khaira hadzal yaum, fathahu, wa nashrahu, wa nurahu, wa barakatahu, wa hudahu. Allahumma inni as’aluka khaira hadzal yaum wa khaira ma fihi wa khaira ma qablah, wa khaira ma ba’dah. Wa a‘udzubika min syarri hadzal yaum, wa syarri ma fîhi wa syarri ma qablah, wa syarri ma ba’dah”

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu agar memperoleh kebaikan, pembuka (rahmat), pertolongan, cahaya, berkah, dan petunjuk di hari ini. Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu kebaikan hari ini, kebaikan apa yang ada di dalamnya, kebaikan hari sebelumnya, dan kebaikan hari setelahnya. Dan Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan hari ini, keburukan apa yang ada di dalamnya, keburukan hari sebelumnya, dan keburukan hari sesudahnya.”
 
وَعَافِيَةً فِي اللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ سَلَامَةً فِي الدِّينِ ، وَعَ الْجَسَدِ، وَزِيَادَةً فِي العِلْمِ وَبَرَكَةً فِي الرِّزْقِ وَتَوْبَةً بَعْدَ الْمَوْتِ اللَّهُم قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ، وَمَغْفِرَةً بَعْدَاً هَوْنْ عَلَيْنَا فِي سَكَرَاتِ الْمَوْتِ، وَالنَّجَاةَ مِنَ النَّارِ، وَالْعَفْوَ عِنْدَ الْحِسَابِ

​​​​​​​Allaahumma innaa nas'aluka salaamatan fid-diin, wa 'aafiyatan fil-jasadi, wa ziyaadatan fil-'ilmi, wa barakatan fir-rizqi, wa taubatan qablal-mauut, wa rahmatan 'indal- mauut, wa magfiratam ba'dal-mauut, Allaahumma hawwin "alainaa fii sakaraatil-mauut, wan-najaata minan-naar, wal- 'afwa 'indal-hisaab.

Artinya: "Ya Allah, ya Tuhan kami, kami mohon keselamatan agama, kesehatan jasmani, bertambahnya ilmu, dan berkah rezeki, dapat bertaubat sebelum mati, mendapatkan rahmat ketika mati, dan memperoleh ampunan setelah mati. Ya Allah, ya Tuhan kami, mudahkanlah kami pada gelombang sakaratul maut. Ya Allah, bebaskanlah kami dari azab neraka, serta memperoleh ke- ampunan ketika dihisab."
 
رَبَّنَا لَا تُزِغْ قُلُوبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً إِنَّكَ أَنْتَ الْوَهَّابُ

​​​​​​​Rabbanaa laa tuzigh quluubanaa ba'da idz hadaitanaa wahab lanaa min ladunka rahmatan innaka antal-wahhaab.

Artinya: "Ya Allah Tuhan kami, janganlah Engkau sesatkan kami sesudah mendapat petunjuk, berilah kami karunia. Engkaulah Yang Maha Pemurah."
 
رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا وَلِوَالِدِينَا وَالِجَمِيعِ الْمُسْلِمِينَ وَالْمُسْلِمَاتِ وَالْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ الْأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالْأَمْوَاتِ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

​​​​​​​Rabbanaghfir lanaa wa li waalidiinaa wa li jamii'il-mus- limiina wal-muslimaati wal-mu'miniina wal-mu'minaati al- ahyaa'i minhum wal-amwaat, innaka 'alaa kulli sya'in qadiir.

Artinya: "Ya Allah ya Tuhan kami, ampunilah dosa kami dan dosa-dosa orang tua kami, dan bagi semua orang Islam laki-laki dan pe- rempuan, orang-orang mukmin laki-laki dan perempuan yang masih hidup dan yang sudah mati. Sesungguhnya Engkau Dzat Yang Maha Kuasa atas segala-galanya"
 
رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّ يَا تِنَا قُرَّةَ أَعْيُنِ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا

​​​​​​​Rabbanaa hab lanaa min azwaajinaa wa dzurriyyaa-tinaa qurrata a'yuniw waj'alnaa lil-muttaqiina imaamaa.
Artinya: "Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami istri / suami / keluarga dan keturunan kami sebagai penyenang hati dan jadikan kami pemimpin bagi orang-orang yang bertakwa."
 
رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَنَا ذُنُوبَنَا وَكَفِّرْ عَنَّا سَيَاتِنَا وَتَوَفَّنَا مَعَ الْأَبْرَارِ

​​​​​​​Rabbanaa aatinaa fid-dun-yaa hasanatan wa fil-aakhirati hasanatan wa qinaa 'adzaaban-naar. Allaahummaghfir lanaa dzunuubanaa wa kaffir 'annaa say-yi'aatinaa wa tawaffanaa ma'al-abraar.
Artinya: "Ya Allah Tuhan kami, berilah kami kebahagiaan di dunia dan kesejahteraan di akhirat, dan hindarkanlah kami dari siksaan api neraka. Ya Allah ampunilah dosa kami dan tutupilah segala kesalahan kami, dan semoga jika kami mati nanti bersama-sama dengan orang-orang yang baik-baik."
 
رَبِّ اجْعَلْنِي مُقِيمَ الصَّلَاةِ وَمِنْ ذُرِّيَّتِي رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دعاء

​​​​​​​Rabbij'alnii muqiimash-shalaati wa min dzurriyyatii rabbanaa wa taqabbal du'aa'.

Artinya: "Ya Tuhan kami, jadikanlah aku dan anak cucuku, orang-orang yang mendirikan shalat. Ya Tuhan kami, perkenankanlah doa kami."
 
وَادْخِلْنَا الْجَنَّةَ مَعَ الْأَبْرَارِ يَا عَزِيزُ يَا غَفَّارُ يَا رَبَّ العالمين

Wa adkhilnal-jannata ma'al-abraar, yaa 'aziizu yaa gaffaaru yaa rabbal-'aalamiin.

Artinya: "Masukkanlah kami ke dalam surga bersama orang-orang yang berbuat baik. Wahai Tuhan Yang Maha Mulia, Maha Pengampun dan Tuhan yang menguasai seluruh alam."
 
سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ الْعِزَّةِ عَمَّا يَصِفُونَ وَسَلَامٌ عَلَى المُرسَلِينَ وَالْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ العَالَمِينَ

​​​​​​​Subhaana rabbika rabbil-'izzati 'ammaa yashifuun, wa salaamun 'alal-mursaliina wal-hamdu lillaahi rabbil-'aalamiin.

Artinya: "Maha Suci Engkau. Tuhan segala kemuliaan. Suci dari segala apa yang dikatakan oleh orang-orang kafir. Semoga kesejahteraan atas para rasul dan segala puji bagi Allah Tuhan seru sekalian alam."
 
 
 
 

Pewarta: Putri Atika Chairulia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024