Bendera Pusaka Merah Putih akan dibawa oleh pelajar Kaltim yang juga didaulat menjadi pembawa baki saat HUT Ke-79 Kemerdekaan RI di IKN, Livenia Evelyn Kurniawan
Samarinda (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur sedang menyiapkan prosesi pengantaran duplikat Bendera Pusaka Merah Putih dan naskah teks proklamasi dari Ibu Kota Nusantara (IKN) kembali ke Istana Merdeka Jakarta.

Sekretaris Daerah Provinsi Kaltim Sri Wahyuni di Samarinda, Selasa, mengharapkan prosesi pengantaran dua benda bersejarah tersebut berlangsung sukses dan meriah.

"Kita harapkan pelajar dan masyarakat kembali antusias menyaksikan pengantaran Bendera Pusaka Merah Putih dari IKN ke Jakarta lewat Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan," kata Sekda Sri Wahyuni saat memimpin Rakor Kesiapan Pengantaran Bendera Pusaka Merah Putih di Kantor Gubernur Kaltim.

Baca juga: Hari Kemerdekaan jadi pengingat untuk terus majukan diplomasi RI

Menurut Sekda, kirab dan pengantaran Bendera Pusaka Merah Putih akan dilaksanakan pada Sabtu 31 Agustus 2024 dari Istana Negara di IKN.

Selanjutnya, konvoi tim pembawa Bendera Pusaka Merah Putih dan teks proklamasi akan dibawa menggunakan Maung (kendaraan khusus) dan akan dikawal hingga Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan untuk dibawa kembali ke Istana Merdeka Jakarta.

Bendera Pusaka Merah Putih akan dibawa oleh pelajar Kaltim yang juga didaulat menjadi pembawa baki saat HUT Ke-79 Kemerdekaan RI di IKN, Livenia Evelyn Kurniawan.

Dari IKN, rangkaian konvoi akan melintasi Simpang Riko, Jembatan Pulau Balang, Tol Segmen 3B IKN, Tol Manggar hingga Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan dan terbang kembali ke Jakarta.

Baca juga: Pengamat: Nusantara Baru, transformasi menuju Indonesia Emas 2045

"Tentu kita sangat berharap prosesi pengantaran bisa meriah seperti saat kedatangan sebelum pengibaran pada 17 Agustus di Istana Negara, IKN lalu," harap Sekda Sri Wahyuni.

Koordinasi juga dilakukan dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kaltim, serta Balikpapan dan Penajam Paser Utara untuk pengerahan pelajar di Sepaku, Jembatan Pulau Balang, sepanjang rute yang dilewati hingga Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan.

Selain itu, juga akan disiapkan beberapa posko kesehatan di sejumlah titik untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan.

"Pada prinsipnya semua OPD siap untuk memberikan support," tutup Sri Wahyuni.

Baca juga: Prabowo sebut HUT RI tahun 2025 kembali digelar di Istana Negara IKN

Saat prosesi di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan juga akan disiapkan tari rebana oleh 12 orang dan duta budaya berjumlah 24 orang. Selain itu juga akan dihadirkan Purna Paskibraka Balikpapan sebanyak 38 orang.

Rapat ini juga diikuti secara virtual oleh pejabat Kodam VI Mulawarman, Polda Kaltim, Setpres dan Protokol Istana, Paspampres, Asisten III Balikpapan Andi Sri Juliarty dan perwakilan pejabat PPU.

Diketahui Bendera Pusaka dan naskah teks proklamasi tersebut telah digunakan pada upacara kenegaraan peringatan detik- detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Ibu Kota Nusantara (IKN) 17 Agustus 2024

Untuk pertama kalinya, barang bersejarah milik negara tersebut digunakan dalam prosesi resmi kenegaraan di luar Ibu Kota Jakarta. Setelah upacara di IKN selesai, duplikat bendera dan naskah proklamasi harus dipulangkan lagi ke Istana Merdeka Jakarta.

Gladi bersih prosesi pengantaran akan dilakukan pada Kamis, 29 Agustus 2024, pukul 10.00 Wita dimulai dari IKN.

***2***

Pewarta: Arumanto
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2024