Jakarta (ANTARA) - Beberapa berita humaniora menarik hari Senin (26/8) dapat disimak kembali, antara lain gempa 5,8 magnitudo guncang Gunung Kidul Yogyakarta, KLHK sebut kebakaran hutan Jateng capai 183 hektare, hingga 16 korban tewas banjir Ternate ditemukan.

Selengkapnya dapat dibaca di sini.

1. Gempa 5,8 magnitudo guncang Gunung Kidul Yogyakarta

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mendeteksi gempa 5,8 magnitudo mengguncang Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Senin pukul 19.57 WIB.

Dalam peringatan dini yang diekspose melalui sistem aplikasi infoBMKG di Jakarta, melaporkan pusat gempa tersebut terletak di laut pada kedalaman 30 kilometer dengan koordinat 8.78 LS,110.27 BT atau berjarak 95 kilometer dari arah barat daya Gunung Kidul.

Berdasarkan analisa sementara seismologis BMKG gempa tersebut dipastikan tidak berpotensi tsunami.

Baca juga: Gempa 5,8 magnitudo guncang Gunung Kidul Yogyakarta

2. Basarnas perkuat masyarakat perkotaan hadapi potensi gempa megathrust

Badan Pencarian dan Pertolongan Nasional (Basarnas) memperkuat kemampuan masyarakat perkotaan untuk menghadapi potensi bencana gempa bumi zona megathrust melalui pelatihan teknik penyelamatan diri atau urban rescue.

Kepala Basarnas Kusworo saat ditemui di Jakarta, Senin, mengatakan bahwa selain Jakarta dalam beberapa pekan ke depan Basarnas mengagendakan pelatihan urban rescue juga diselenggarakan di beberapa lokasi di Banyuwangi, Jawa Timur dan sekitarnya.

Baca juga: Basarnas perkuat masyarakat perkotaan hadapi potensi gempa megathrust

3. Pertamina nyatakan 134 pasien RSPP aman setelah gedung kebakaran

Manajemen PT Pertamina Bina Medika IHC (IHC) menyatakan kondisi terkini sebanyak 134 pasien rawat inap di Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP) Jakarta aman dan sudah kembali mendapat penanganan medis yang diperlukan setelah sempat dievakuasi akibat terjadi kebakaran siang tadi.

"Para tenaga medis dan perawat tetap berada di sisi pasien hingga situasi dinyatakan aman," kata Pelaksana Tugas Direktur Utama PT Pertamina Bina Medika IHC dr. Lia Gardenia Partakusuma dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Senin.

Menurut dia, kebakaran terjadi di lantai 4F gedung RSPP pada Senin siang sekitar pukul 13.15 WIB, hingga akhirnya kebakaran berhasil dipadamkan sekitar pukul 14.30 WIB.

Baca juga: Pertamina nyatakan 134 pasien RSPP aman setelah gedung kebakaran

4. Sudah 16 korban banjir Ternate ditemukan meninggal dunia

Tim SAR gabungan di hari kedua terus mencari korban banjir bandang di Kelurahan Rua, Kota Ternate, Maluku Utara (Malut), dan tercatat sudah 16 orang telah ditemukan meninggal dunia, termasuk tiga orang yang ditemukan, Senin.

"Berdasarkan data sudah ditemukan 16 korban meninggal dunia dan saat ini tersisa tiga korban akan dilakukan pencarian pada besok," kata Koordinator Posko Tanggap Darurat, Rizal Marsaoly saat menggelar konferensi pers di Posko Tanggap Darurat, Senin.

Baca juga: Sudah 16 korban banjir Ternate ditemukan meninggal dunia

5. KLHK: Kebakaran hutan Jateng capai 183 hektare

Kepala Balai Pengendalian Perubahan Iklim Wilayah Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara KLHK Haryo Pambudi, di Semarang, Senin, menyebutkan luasan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Jawa Tengah sepanjang tahun ini periode Januari-Juli 2024 mencapai 183 hektare.

Dia menyebut bahwa kebakaran paling luas di Kabupaten Tegal yang mencapai 45 ha.

Pada 2023, katanya, luasan hutan dan lahan terbakar di Jateng mencapai 9.966 ha, dan tertinggi adalah di Blora seluas 2.863 ha, Brebes Selasa 940 ha, dan Kabupaten Semarang seluas 690 ha.

Baca juga: KLHK: Kebakaran hutan Jateng capai 183 hektare

Pewarta: Mecca Yumna Ning Prisie
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024