Itu bagian dari seninya politik. Bahkan ada pasangan yang baru kemarin ditetapkan, tetapi tidak apa-apa. Gerindra ini sangat simpel, kalau sesuatu yang mudah kenapa harus dipersulit
Yogyakarta (ANTARA) - Dewan Pimpinan Daerah Gerindra Daerah Istimewa Yogyakarta, menyerahkan surat rekomendasi kepada Marija dan Yusron Martofa sebagai Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kulon Progo dalam Pilkada 2024 di Kabupaten Kulon Progo.

Sekretaris DPD Gerindra DIY Nur Subiyantoro di Yogyakarta, Senin, mengatakan penentuan pangan calon dan bupati pada Pilkada 2024 ini pada detik-detik terakhir.

"Itu bagian dari seninya politik. Bahkan ada pasangan yang baru kemarin ditetapkan, tetapi tidak apa-apa. Gerindra ini sangat simpel, kalau sesuatu yang mudah kenapa harus dipersulit," kata Nur Subiyantoro usai penyerahan rekomendasi kepada Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati peserta Pilkada 2024 di kabupaten/kota di DIY.

Ia mengatakan, Gerindra di masing-masing DPC kabupaten/kota masih membuka peluang bagi partai lain untuk berkoalisi.

"Kami minta DPC Gerindra kabupaten/kota di DIY tetap menjalin komunikasi dengan partai lain untuk koalisi," katanya.

Ketua DPC Gerindra Kulon Progo Lajiyo Yok Mulyono mengatakan, Gerindra Kulon Progo berkoalisi dengan Partai NasDem, PPP dan PKB dalam mengusung Marija dan Yusron Martofa sebagai Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kulon Progo dalam Pilkada 2024.

"Koalisi kami sangat solid mengusung Marija dan Yusron Martofa menang dalam Pilkada 2024 di Kulon Progo," katanya.

Ia mengatakan, Gerindra juga membuka komunikasi dengan partai lain yang mau bergabung untuk mengusung Marija dan Yusron Martofa dalam Pilkada 2024 nanti.

"Kami masih terbuka, partai non parlemen dan di parlemen yang akan bergabung, kami siap bekerja sama," katanya.

Bakal Calon Bupati Kulon Progo dari Gerindra Marija mengatakan pihaknya segera melaksanakan persiapan deklarasi, dan pendaftaran ke KPU Kulon Progo.

"Dengan adanya surat rekomendasi sebagai Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kulon Progo, kami selanjutnya berjuang sesungguhnya," kata dia.

Ia mengatakan proses koalisi memang cepat dengan PKB. Gerindra dan PKB memiliki keterikatan untuk menang dalam Pilkada 2024 di Kulon Progo.

"Kami siap gas untuk terjun ke masyarakat untuk kemenangan kami dalam Pilkada 2024," katanya.

Bakal Calon Wakil Bupati Kulon Progo Yusron Martofa mengatakan internal PKB Kulon Progo relatif kondusif, konsolidasi dan pemantapan di struktural sampai dengan pergerakan di lapangan akan segera disiapkan.

"Sehingga pemetaan pemenangan dan pemantapan pemanfaatan jaringan segera dilaksanakan setelah mendaftar ke KPU Kulon Progo," katanya.

Yusron mengatakan, dalam kampanye nanti, dirinya bersama Marija saling menopang, baik di utara, tengah dan selatan.

"Kami sudah banyak komunikasi dengan berbagai komunitas mulai dari tukang becak, nelayan, pedagang pasar, tukang parkir hingga pelaku seni dan budaya," katanya.

Baca juga: Gerindra usung Marija sebagai calon bupati Kulon Progo 2024-2029
Baca juga: Ribuan simpatisan Gerindra Kulon Progo-DIY ikuti Senam Gemoy

Pewarta: Sutarmi
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024