Jakarta (ANTARA) - Klub Liga Inggris Brighton & Hove Albion memastikan perekrutan gelandang Denmark Matthew "Matt" O'Riley dari juara Liga Skotlandia 2023-2024 Celtic dengan durasi kontrak selama lima tahun untuk memperkuat lini tengah.

"Dia (O'Riley-red) merupakan spesialis di posisinya. Dia mampu mengisi dan menyerang ruang dengan tepat. Dia pun suka berlari dari kedalaman serta tahu kapan harus menyerang," ujar pelatih Brighton Fabian Hurzeler, dikutip dari AFP di Jakarta, Senin.

Hurzeler menambahkan, O'Riley yang berumur 23 tahun pun merupakan gelandang ofensif yang hobi merangsek hingga wilayah kotak penalti lawan.

Selain itu, juru taktik berusia 31 tahun tersebut juga menilai O'Riley piawai dalam bertahan dan memiliki insting yang bagus untuk itu.

"Keseimbangan itu yang membuat dia menjadi spesial. Dia memiliki karakter yang baik. Memiliki pemain yang berambisi untuk sukses sangat penting bagi kami," kata Hurzeler.

Matt O'Riley merupakan pesepak bola binaan akademi klub Liga Inggris Fulham sebelum berpindah ke MK Dons pada tahun 2021. Setahun di Dons, Celtic bergerak cepat untuk mendatangkannya mulai Januari 2022.

Di Celtic, karier O'Riley semakin terang setelah mampu membawa timnya tiga kali menjuarai Liga Skotlandia, dua kali Piala Skotlandia dan sekali Piala Liga Skotlandia.

Selama di Liga Skotlandia pada tahun 2021-2024. O'Riley bermain di 93 pertandingan dan membuat 25 gol.

Pada musim 2022-2023, O'Riley bahkan mampu melesakkan 19 gol dan mengirimkan 18 assist.

Menurut AFP, sebelum memutuskan ke Brighton, ada beberapa tawaran dari liga di Eropa lainya seperti dari Atletico Madrid dan Atalanta di Liga Italia tetapi semua ditolaknya. Adapun nilai transfer O'Riley ke Brighton dilaporkan mencapai 25 juta pound sterling (sekitar Rp509 miliar).

Di Liga Inggris 202-20245, Brighton & Hove Albion sendiri tengah dalam atmosfer positif setelah menundukkan lawan-lawannya pada pekan pertama yakni tuan rumah Everton dengan skor 3-0 dan Manchester United 2-1.

Terdekat, Rabu (28/5) dini jari WIB, Brighton akan melawan Crawley Town di turnamen Piala Liga Inggris.

Baca juga: Joao Pedro bawa Brighton kalahkan Manchester United
Baca juga: Brighton aktifkan klausul rilis Georginio Rutter di Leeds United
Baca juga: Klasemen Liga Inggris: Brighton di puncak, lalu Arsenal dan Liverpool


Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024