Tentunya dalam kegiatan ini kita menerima masukan dan saran mungkin dari para pihak yang berhadir hari ini secara langsung
Hulu Sungai Selatan, Kalsel (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (Pemkab HSS) Provinsi Kalimantan Selatan dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat menggelar rapat uji publik Daftar Pemilih Sementara (DPS) untuk Pemilihan Gubernur (Pilgub) dan Pemilihan Bupati (Pilbup) HSS 2024.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten HSS Gusriadi di Kandangan, Senin, mengatakan, rapat ini menjadi forum bagi pemangku kepentingan untuk meninjau, memberi masukan, dan memperbaiki DPS sebelum ditetapkan sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Setelah menerima masukan dan saran dari publik pada 18-27 Agustus, Gusriadi menuturkan, KPU Kabupaten HSS akan memperbaiki DPS dan dipersiapkan kembali sebelum ditetapkan menjadi DPT pada 14 hingga 21 September.

Selanjutnya, DPT akan diumumkan pada 22 September hingga 27 November atau hingga hari pencoblosan.

Gusriadi menuturkan pengumuman DPT akan berlangsung selama dua bulan lebih agar masyarakat memiliki banyak waktu untuk pengecekan data pemilih.

"DPS telah ditempel di TPS dan desa di seluruh Kabupaten HSS, masa penempelan berlangsung selama 10 hari untuk menerima tanggapan masyarakat, hingga 26 Agustus 2024 waktu terakhir bagi masyarakat memberikan tanggapannya," ucap Gusriadi

Dikatakan Gusriadi, KPU Kabupaten HSS mengundang seluruh lapisan masyarakat untuk meningkatkan akurasi data pemilih di Kabupaten HSS,.

Menurut dia, keterlibatan publik pada penetapan data pemilih agar proses pilkada bisa dipertanggungjawabkan.

Selain itu, Gusriadi juga mengharapkan uji publik dapat berlangsung dengan baik, sehingga hasil data tidak bermasalah.

Sementara itu, Penjabat Bupati HSS Endri mengapresiasi kegiatan uji publik DPS yang digelar KPU.

"Tentunya dalam kegiatan ini kita menerima masukan dan saran mungkin dari para pihak yang berhadir hari ini secara langsung," katanya.

Baca juga: KPU HSS bahas persiapan distribusi logistik pemilu 2024
Baca juga: KPU Kalsel rampungkan pleno tiga kabupaten, HSS dipending

Pewarta: Taufik Ridwan/Fathurrahman
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024