Tokyo (ANTARA) - Menteri Digital Jepang Taro Kono, yang sebelumnya mengepalai kementerian luar negeri dan kementerian pertahanan, resmi mengumumkan pencalonan dirinya sebagai pemimpin Partai Demokrat Liberal (LDP) yang berkuasa.

"Saya akan mencalonkan diri dalam pemilihan pemimpin LDP. Selama seribu hari terakhir, kabinet (Perdana Menteri Fumio) Kishida telah memberikan dampak signifikan pada kebijakan dalam dan luar negeri. Saya ingin terus memimpin negara ini maju," kata Kono dalam konferensi pers yang disiarkan oleh NHK, Senin.

Taro Kono, yang merupakan pesaing utama Kishida dalam pemilihan tahun 2021, kini bergabung dengan mantan Menteri Keamanan Ekonomi Takayuki Kobayashi dan Shigeru Ishiba, yang sebelumnya memimpin kementerian pertanian dan pertahanan, sebagai kandidat yang dinyatakan secara resmi.

Mantan Menteri Lingkungan Hidup Shinjiro Koizumi dan Kepala Sekretaris Kabinet Yoshimasa Hayashi diharapkan juga akan ikut dalam persaingan.

Menteri Luar Negeri saat ini Yoko Kamikawa juga telah mendapat dukungan yang diperlukan untuk mencalonkan diri.

Sebelumnya, Kishida menyatakan bahwa ia tidak akan kembali mencalonkan diri sebagai pemimpin LDP pada pemilihan September mendatang.


Sumber: Sputnik-OANA
Baca juga: Taro Kono pesaing utama dalam pemilihan PM Jepang
Baca juga: Menteri vaksin Taro Kono maju dalam pemilihan PM Jepang
Baca juga: Jepang dan ASEAN bahas isu keamanan hingga konektivitas regional

Penerjemah: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2024