Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo mengemukakan fasilitas baru olahraga Cibubur Elite Youth Training Center di Cibubur, Jakarta Timur, sudah bisa digunakan untuk latihan atlet mulai Desember 2024 mendatang.

"Untuk olahragawan, mulai Desember kalian sudah bisa berlatih di Cibubur Elite Youth Training Center," ujar Dito saat memberikan sambutan dalam acara "Malam Apresiasi untuk Peraih Medali Olimpiade Paris 2024 dari Sinergi Kelompok Usaha Indonesia" di Gedung Convergence Indonesia, Jakarta, Senin malam.

Ia menyampaikan terkait pemanfaatan fasilitas tersebut secara khusus kepada tiga atlet peraih medali Olimpiade Paris yaitu Rizki Juniansyah yang meraih emas dari cabang angkat besi, Veddriq Leonardo yang meraih emas dari cabang panjat tebing, dan peraih perunggu dari cabang bulu tangkis tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung yang hadir dalam acara itu.

Dito menjelaskan, pembangunan fasilitas tersebut telah dikebut sejak akhir 2023 dan sekarang sudah hampir tuntas untuk mulai digunakan pada akhir 2024.

Pembangunan fasilitas tersebut, kata dia, merupakan bagian dari langkah strategis dari pemerintah dalam menyiapkan para atlet untuk menghadapi ajang Olimpiade 2028.

Baca juga: Kemenpora segera operasikan CYESC untuk persiapan Olimpiade LA 2028

Dito mengatakan, fasilitas tersebut dilengkapi dengan berbagai aspek seperti sarana dan prasarana, sport science. dan biomecanisme untuk 12 cabang olahraga Olimpiade.

Lebih lanjut, ia mengatakan, pihaknya menargetkan ​​​​​​​Indonesia yang berada di peringkat 39 pada Olimpiade Paris 2024 akan masuk dalam 10 besar pada Olimpiade-Olimpiade selanjutnya.
​​​​​​​
Oleh sebab itu, persiapan para atlet dilakukan sejak awal dengan dukungan berbagai aspek termasuk fasilitas baru untuk latihan yang ada di Cibubur.

Dito meyakini, prestasi olahraga Indonesia di kancah dunia ke depan akan semakin gemilang karena dukungan penuh dari pemerintahan Presiden Joko Widodo maupun presiden baru yang terpilih Prabowo Subianto.

"Presiden terpilih kita juga punya semangat yang luar biasa untuk mengangkat prestasi olahraga sehingga saya yakin ke depan olahraga kita semakin sukses," pungkasnya.

Baca juga: Pemerintah dan swasta kolaborasi dorong pertumbuhan fasilitas olahraga
Baca juga: Presiden gelar rapat bahas pemanfaatan revitalisasi stadion dan GOR

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024