Jakarta (ANTARA) - Tuan rumah Indonesia gagal menempatkan wakilnya untuk melaju ke babak utama setelah menurunkan lima petenis di hari kedua babak kualifikasi turnamen ITF M15 Amman Mineral Men's World Men's Tennis Championship 2024.

Pada laga yang digelar di lapangan Bali National Tennis Center, di kawasan wisata ITDC Nusa Dua, Bali, Senin, Renaldi Aqila Afriadli Salaim yang tampil di partai perdana menghadapi Lorenzo Lorusso, gagal menumbangkan unggulan kedua dari Italia dan dipaksa menyerah 3-6 dan 2-6.

Dikutip dari keterangan tertulis penyelenggara, hasil pertandingan juga menunjukkan kegagalan serupa menimpa wakil tuan rumah lainnya, Tegar Abdi Satrio Wibowo, yang harus mengakui ketangguhan Arjun Mehrotra dari Australia dengan skor 1-6, 3-6.

Sementara itu, perjuangan petenis senior Indonesia David Agung Susanto, akhirnya juga harus pupus di tangan Felix Mischker.

Bermain di bawah kondisi cedera pergelangan kaki kirinya, David belum mampu tampil maksimal dan terpaksa takluk straight set 3-6 dan 3-6.

Meski gagal di nomor tunggal putra, ayah satu orang putri itu masih memiliki peluang untuk berkiprah lebih baik di nomor ganda bersama sang adik Anthony Susanto.

Wakil tuan rumah lainnya yang gagal berkiprah lebih jauh di babak kualifikasi Amman Mineral Men's World Men's Tennis Championship 2024 juga dialami Nyoman Suma Indrawan.

Menghadapi Yu Bingyu, petenis asal Bali yang sebelumnya secara mengejutkan sukses menumbangkan Claudio Lumanauw, hari ini gagal menampilkan performa terbaiknya usai menderita kekalahan 3-6 dan 2-6 dari unggulan ketiga dari China tersebut.

Meski gagal berkiprah lebih tinggi, namun Indrawan yang berprofesi sebagai dosen di Undiksha Bali mengaku bangga dapat bertanding untuk pertama kalinya pada iven internasional, sekaligus persiapan bagus bagi dirinya sebelum tampil dalam ajang PON Aceh - Sumut.

Pada pertandingan terakhir babak kualifikasi di Nusa Dua Court, Indonesia kembali gagal menempatkan wakilnya setelah Lucky Chandra Kurniawan, dipaksa menyerah dua set langsung oleh petenis Vietnam Vu Han Minh Duc 6-2 dan 6-0.

Meski gagal menambah wakilnya untuk berkiprah lebih jauh di babak selanjutnya, namun tuan rumah Indonesia masih memiliki peluangnya dinomor tunggal di main draw.

Petenis terbaik Indonesia Muhamad Rifqi Fitriadi, Nathan Barki dan Anthony Susanto baru akan memulai laga perdananya pada Selasa (27/8) dan Rabu (28/8).

Baca juga: Rifqi Fitriadi raih gelar ITF pertama di Harum Energy World Tennis Tour
Baca juga: Kedatangan Nathan Anthony Barki lengkapi skuad Piala Davis Indonesia

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024