Jakarta (ANTARA) - Kapten tim nasional Kolombia James Rodriguez berlabuh di klub Liga Spanyol Rayo Vallecano, Senin, setelah berstatus "agen bebas" (free agent).

Dikutip dari AFP di Jakarta, Senin, Rayo Vallecano merayakan kedatangan Rodriguez lantaran dilakukan seiring dengan umur 100 tahun klub yang berdiri tahun 1924 itu.

"Perekrutan pemain bintang ini dilakukan di musim yang spesial karena dilakukan saat merayakan 100 tahun sejarah, keberanian dan kemuliaan klub," tulis Rayo Vallecano dalam pernyataan resminya.

James Rodriguez, yang kini berusia 33 tahun, disebut-sebut sebagai salah satu pemain Kolombia terbaik sepanjang sejarah jika melihat dari pencapaiannya di timnas, klub dan secara pribadi.

Di timnas Kolombia, dirinya bermain di 106 pertandingan dan melesakkan 28 gol. James membawa timnas Kolombia menduduki peringkat kedua Copa America 2024 dan peringkat ketiga Copa America 2016.

Baca juga: Pelatih Kolombia sempat meragukan James Rodriguez

Dia pun ikut mengantar timnas Kolombia ke perempat final Piala Dunia 2014 dan 16 besar Piala Dunia 2018.

Di level klub, pesona James Rodriguez sangat terang. Mengawali karier profesionalnya di klub Liga Kolombia, Envigado, karier James kemudian merangkak perlahan sampai dia akhirnya berlabuh di Eropa pada tahun 2010 tepatnya di Liga Portugal bersama FC Porto.

Ketika berada di Porto sampai tahun 2013, James bersama Porto mengantongi berbagai gelar yaitu tiga kali kampiun Liga Portugal, sekali juara Piala Portugal dan satu kali juara Liga Eropa.

Dari Porto, James melangkah ke Liga Prancis untuk memperkuat AS Monaco pada musim 2013-2014. Bakat besarnya, termasuk performa apik di Piala Dunia 2014, kemudian membawa James ke klub raksasa Spanyol Real Madrid.

Baca juga: Real Madrid pinjamkan James Rodriguez ke Napoli

Di tim tersebut James Rodriguez mencapai puncak kariernya setelah berhasil merebut sembilan trofi juara yaitu dua kali La Liga, satu kali Piala Super Spanyol, dua kali Liga Champions UEFA, dua kali Piala Super UEFA dan dua kali Piala Dunia Antar-klub FIFA.

Begitu enam tahun yang sukses bersama Real Madrid (2014-2020) berakhir, termasuk masa peminjamannya selama dua musim di Liga Jerman untuk memperkuat Bayern Muenchen (2017-2019) di mana dia turut menyumbangkan dua gelar Bundesliga dan satu DFB Pokal, karier James Rodriguez mulai menurun.

Pada tahun 2020, dia datang ke klub Liga Inggris Everton setelah kontraknya dengan Real Madrid habis. Setahun berikutnya, dia ditransfer ke klub Al-Rayyan di Qatar dan bermain di sana selama satu tahun.

Baca juga: Everton siap jual James Rodriguez asalkan ada penawaran yang tepat

Pada tahun 2022-2023, dirinya berkarier di Yunani untuk klub Olympiacos. Performanya yang tidak stabil membuatnya dilepas tahun 2023 dan berstatus tanpa klub sampai akhirnya direkrut klub Sao Paulo (Brazil) pada tahun 2024.

Ingin bermain di Eropa lagi, James memutus kontraknya pada pertengahan tahun 2024 dan pada momen itulah Rayo Vallecano menghadirkannya ke Liga Spanyol.

Secara individu, James Rodriguez sudah mengantongi beragam penghargaan termasuk pemain terbaik Liga Portugal, pencetak gol terbanyak Piala Dunia 2014, Puskas dan pemain terbaik Copa America 2024.

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024