Produk pelaku UMKM kita harus semakin dikenal luas konsumen dan kewajiban pemerintah daerah untuk memfasilitasi itu
Kabupaten Bekasi (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, terus menambah jalinan kerja sama dengan pihak swasta dalam rangka memperluas pasar produk pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) daerah itu agar semakin tumbuh, berkembang, hingga berdaya saing tinggi.

"Produk pelaku UMKM kita harus semakin dikenal luas konsumen dan kewajiban pemerintah daerah untuk memfasilitasi itu," kata Pelaksana harian Sekretaris Daerah Kabupaten Bekasi Jaoharul Alam di Cikarang, Senin.

Ia mengatakan, setelah sukses merambah pasar ritel modern seperti Indomaret dan Alfamart serta sejenis, kali ini giliran PT Matahari Putra Prima yang bersedia menyediakan tempat bagi pelaku UMKM Kabupaten Bekasi.

Dengan begitu mulai kini pelaku UMKM bisa menjual produk mereka di gerai Hypermart yang ada di Mal Lippo Cikarang maupun gerai serupa lain di wilayah itu.

"Hal ini juga semakin mengukuhkan bahwa produk lokal Kabupaten Bekasi mampu menembus pasar ritel modern," katanya.

Jaoharul menyatakan, kerja sama ini membuka peluang pelaku usaha kecil untuk bisa memamerkan produk kreasi mereka secara berkelanjutan melalui sejumlah inovasi agar memiliki daya jual tinggi sehingga diminati konsumen.

Menurut dia, sektor UMKM memegang peranan penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi. Saat ini di Kabupaten Bekasi, produk-produk UMKM tersebut telah menunjukkan pertumbuhan positif setiap tahun.

"Sebuah prestasi yang patut dibanggakan, melalui kesempatan ini, produk lokal tersebut dapat semakin memperluas jaringan pasar dan siap bersaing dengan produk lain di pasar nasional maupun internasional," ucapnya.

Ia berharap ke depan semakin banyak produk UMKM Kabupaten Bekasi yang bisa diperkenalkan dan diterima oleh masyarakat luas. Tidak hanya di gerai Matahari atau Hypermart saja melainkan juga di pasar ritel modern lain.

"Kami akan terus bekerja sama dengan berbagai pihak untuk menciptakan ekosistem bisnis yang kondusif bagi para pelaku UMKM," kata dia.

Baca juga: Pemkab Bekasi dorong UMKM makan-minum kantongi sertifikasi usaha
Baca juga: Pemkab Bekasi fokus ciptakan lapangan kerja sektor UMKM

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024