Palangka Raya (ANTARA) -
Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) mengoptimalkan Program Bantuan Sosial Pembangkit Listrik Tenaga Surya Hemat Energi (PLTSHE) dan pembangunan Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU-TS) guna memenuhi kebutuhan listrik masyarakat.
 
Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (DESDM) Kalteng Vent Christway di Palangka Raya, Senin, mengatakan ini sebagai upaya Gubernur Sugianto Sabran mewujudkan rasio desa berlistrik 100 persen pada 2024.
 
"Bantuan Sosial PLTSHE merupakan implementasi Program Pemanfaatan Aneka Energi Baru Terbarukan (EBT) 2024," jelasnya.
 
Bantuan PLTSHE ini diperuntukkan bagi masyarakat di wilayah Kalteng yang belum menikmati listrik dan pembangunan Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU-TS) untuk desa yang belum terjangkau aliran listrik.
 
Pihaknya menyampaikan berdasarkan data Perusahaan Listrik Negara (PLN) per April 2024 untuk wilayah Kalteng saat ini masih terdapat 370 desa yang belum teraliri listrik.

Baca juga: Rasio elektrifikasi di Sulbar mencapai 97,07 persen
Baca juga: PLN terus genjot pemerataan listrik hingga wilayah 3T
 
Terkait hal itu, melalui pelaksanaan PLTSHE dan PJU-TS diharapkan seluruh masyarakat Kalimantan Tengah menerima manfaat dari bantuan sosial ini, sebagai upaya menekan risiko dampak sosial di tengah masyarakat, khususnya daerah terpencil belum berlistrik.

Vent menjabarkan PLTSHE dan PJU-TS sepenuhnya dibiayai APBD 2024. Dalam pelaksanaannya terakomodasi sebanyak 20.711 rumah tangga penerima bantuan sosial PLTSHE tersebar di 186 desa dan 385 PJU-TS tersebar di 22 desa.
 
Kemudian APBD Perubahan 2024 diharap menerangi sebanyak 184 desa yang belum terakomodasi dalam APBD murni 2024 tersebut, sehingga pencapaian rasio desa berlistrik 100 persen pada 2024 dapat terwujud.
 
Upaya ini lebih cepat dari target yang dicanangkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kalimantan Tengah 2021-2026, yakni 100 persen desa berlistrik pada 2026.
 
"Ini tidak lepas dari dukungan seluruh pemangku kepentingan baik eksekutif maupun legislatif," jelas Vent.
 
Pihaknya juga mengharapkan dukungan seluruh masyarakat Kalimantan Tengah agar program yang digagas Gubernur Sugianto Sabran terlaksana dengan baik dan lancar, mewujudkan Kalteng Makin BERKAH yakni Bermartabat, Elok, Religius, Kuat, Amanah dan Hamonis.

Pewarta: Muhammad Arif Hidayat
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024