Jakarta (ANTARA) - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mendukung rencana program makan bergizi dan sekolah swasta gratis Pemerintah Provinsi DKI Jakarta agar menjadi pondasi penting dalam menyiapkan generasi penerus kota itu.  
 
"Karena itu, kami akan mendorong agar program sekolah gratis ini tetap ada di APBD Jakarta 2025 dan seterusnya," kata Ketua DPW PSI DKI Jakarta, Elva Farhi Qolbina di Jakarta, Senin.
 
Elva mengatakan pihaknya juga akan memperjuangkan implementasi program makan siang bergizi gratis bagi siswa di Jakarta.

Menurut dia, kedua program ini harus disiapkan secara serius dan serentak karena akan menjadi hal mendasar untuk menyiapkan generasi penerus handal demi sukses Jakarta sebagai kota global.

Ditegaskan, pihaknya juga berkomitmen untuk terus mendukung program-program yang berfokus pada peningkatan kualitas pendidikan dan kesehatan di Jakarta.

Baca juga: Heru Budi kembali lakukan uji coba makan bergizi gratis untuk siswa SD

Selain itu, juga akan berperan aktif dalam mendukung dan mengawasi pelaksanaan program-program prioritas seperti pengentasan banjir, kemacetan, polusi udara, serta berbagai isu strategis lainnya yang menjadi kebutuhan mendesak warga Jakarta.
 
Kemudian, berkomitmen untuk memberantas segala bentuk korupsi yang dapat merugikan rakyat serta memastikan bahwa kebijakan publik yang diambil tidak bersifat diskriminatif atau intoleran terhadap kelompok manapun.

"Kepentingan masyarakat adalah prioritas utama kami dan kami akan terus mengawasi serta mendukung program-program yang sejalan dengan visi ini," ujarnya.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah menguji coba makan bergizi gratis (MBG) di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Cideng 07, Gambir, Jakarta Pusat pada Senin (19/8).

“Hari ini, kami uji coba makan gratis. Bisa pagi, bisa siang. Nanti, saya akan atur waktunya untuk bisa makan gratis," kata Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

Baca juga: Pakar: Program Makan Siang dan Susu Gratis perlu kementerian khusus

Kemudian, uji coba makan bergizi gratis kembali dilakukan di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 03 Rawabadak Utara, Jakarta Utara pada Jumat (23/8).
 
Dinas Pendidikan DKI Jakarta juga menggandeng 2.090 sekolah swasta dari jenjang pendidikan SD hingga SMA/SMK untuk program pendidikan gratis.
 
Komisi E DPRD DKI bahkan merekomendasikan agar pihak eksekutif mendorong percepatan implementasi kebijakan sekolah swasta gratis untuk dianggarkan pada 2025.

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2024