Upaya penanganan perubahan iklim tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, tetapi juga memerlukan partisipasi aktif dari masyarakat, akademisi serta korporasi
Jakarta (ANTARA) - PT PLN (Persero) menggelar kompetisi terbuka bertajuk Light Your Green Action (LYGA) 2024 untuk mencari ide/gagasan program yang bertujuan mencari solusi dari dampak perubahan iklim.

Kompetisi itu dapat diikuti oleh kelompok masyarakat, akademisi yang bergerak dalam bidang sosial lingkungan serta komunitas.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo dalam keterangannya di Jakarta, Senin mengatakan perubahan iklim menjadi tantangan global saat ini. Berbagai aksi nyata dalam penanganan perubahan iklim dibutuhkan untuk memitigasi dampak berkelanjutan seperti peningkatan suhu bumi dan bencana alam ekstrem.

"Kami mengajak seluruh elemen masyarakat mencari ide dan gagasan inovatif guna mengatasi dampak perubahan iklim. Melalui program ini, kami berharap dapat menemukan solusi berkelanjutan yang tidak hanya bermanfaat bagi lingkungan, tetapi juga mendukung transisi energi hijau di Indonesia," kata Darmawan.

Darmawan menyampaikan aksi nyata tersebut tidak bisa hanya dilakukan oleh pemerintah, tetapi juga membutuhkan peran masyarakat, akademisi maupun korporasi. Oleh karena itu, melalui kompetisi LYGA diharapkan dapat menjaring ide atau inovasi yang mendukung program penanggulangan perubahan iklim

"Upaya penanganan perubahan iklim tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, tetapi juga memerlukan partisipasi aktif dari masyarakat, akademisi serta korporasi," ujarnya.

Darmawan menjelaskan fokus program yang dikompetisikan dalam LYGA berkaitan solusi terhadap perubahan iklim, di antaranya energi terbarukan, kesehatan, ketahanan pangan, air bersih, keanekaragaman hayati, pengelolaan sampah menjadi biomassa, serta edukasi terkait transisi energi hingga penanaman pohon di lahan kritis.

Tak hanya itu, LYGA mendorong berbagai inisiatif lain yang memiliki potensi besar dalam memberikan solusi untuk mengatasi dampak perubahan iklim.

Proses pendaftaran LYGA berlangsung dari 12 Agustus hingga 12 September 2024. Masyarakat umum maupun akademisi yang ingin mendaftar bisa melakukan pendaftaran melalui aplikasi PLN Mobile pada jendela event.

Adapun, beberapa kriteria penilaian dari inovasi yang dikirim ke LYGA, yaitu keterkaitan permasalahan dengan inovasi program, kejelasan rencana capaian program, kelaikan program untuk diimplementasikan, berdampak pada tujuan pembangunan berkelanjutan dan mendapatkan nilai tambah jika sekaligus dapat mendukung bisnis PLN serta strategi keberlanjutan program.

Sebanyak enam program dengan ide terbaik akan mendapatkan dukungan pendampingan dan pendanaan program dari PLN.

Baca juga: Pertamina tampilkan inovasi energi hijau di IIMS 2024
Baca juga: Percepat Keberlanjutan: Inovasi Hijau Aion dalam Mendukung Industri Kendaraan Listrik di Indonesia
Baca juga: PLN tekankan pentingnya co-firing biomassa dalam keberlanjutan energi

 

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2024