Depok (ANTARA) - Universitas Indonesia (UI) memperluas jangkauan informasi kepada calon mahasiswa dan masyarakat umum mengenai jalur masuk, jurusan yang tersedia mulai jenjang vokasi hingga pascasarajana serta biaya pendidikan, dengan melakukan sosialisasi baik di dalam maupun luar negeri.

UI akan hadir di Medan, Jakarta, Surabaya, dan Denpasar pada World Education Expo 2024 dan di Bursa Pendidikan Tinggi (Bidikti) 2024 Semarang, Jawa Tengah.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat (Humas) dan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) UI Dra. Amelita Lusia., M.Si, CPR, di Depok, Senin, mengatakan partisipasi UI dalam World Education Expo 2024 di berbagai kota di Indonesia bertujuan untuk mempertemukan UI dengan para calon mahasiswa yang tertarik melanjutkan studi di UI.

Selain itu, juga sebagai pemerataan informasi tidak hanya di Jakarta dan sekitarnya saja.

Baca juga: UI sosialisasikan jalur masuk penerimaan mahasiswa baru 2024

UI akan berpartisipasi pada dua kegiatan pameran besar, yaitu World Education Expo (WEE) 2024 yang akan dilaksanakan di 4 kota yaitu Medan, Jakarta, Surabaya, dan Denpasar, serta Bursa Pendidikan Tinggi (Bidikti) 2024 di SMA Kolese Loyola Semarang, Jawa Tengah, pada 7-8 September 2024.
 

Ajang seperti ini dimanfaatkan UI untuk mensosialisasikan informasi terbaru mengenai program pendidikan, jalur masuk perguruan tinggi, fakultas, program, serta hal-hal yang terkait dengan kehidupan kampus.

“UI terus berupaya mengoptimalkan penyebarluasan informasi baik secara langsung atau tatap muka maupun berbagai platform media sosial untuk menjangkau pemerataan informasi tentang UI kepada siswa, guru, dan orang tua di Indonesia,” ujar Amelita.

Tahun ini merupakan tahun ke delapan keikutsertaan UI pada WEE 2024. UI hadir bersama perwakilan 14 Fakultas, 1 Program Pendidikan Vokasi, dan 2 Sekolah.

Baca juga: UI sosialisasikan penerimaan mahasiswa baru jalur UTBK-SNBT

UI akan hadir diawali dari Medan, Sumatera Utara (28/8), di Adimulia Hotel. Pameran Pendidikan UI berlanjut di Balai Kartini (31/8), Jakarta Pusat, dan di Sheraton Hotel (1/9), Surabaya, Jawa Timur.

Setelah itu di Swiss-Belhotel Rainforest (3/9), Denpasar, Bali.

WEE Indonesia berperan sebagai wadah bagi institusi pendidikan di seluruh dunia untuk bertemu siswa Indonesia, yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi secara langsung.

Bulan ini menjadi waktu yang tepat bagi siswa-siswi sekolah menengah atas (SMA) untuk menentukan perguruan tinggi yang akan dijadikan tujuan dalam melangkah ke jenjang berikutnya.

Baca juga: UI tegaskan tak ada perjokian dan orang dalam pada proses seleksi

WEE 2024 akan menghadirkan sesi diskusi, seminar, dan pameran dari institusi pendidikan ternama, baik dalam maupun luar negeri. Pameran pendidikan tinggi tersebut mengusung tema Knowledge is Power, Let It Tower.

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024