Denpasar (ANTARA) -
Komando Daerah Militer IX/Udayana mematangkan kesiapan Satuan Tugas Pengamanan VVIP saat pelaksanaan Indonesia-Africa Forum (IAF) Ke-2 dan High Level Forum On Multi Stakeholder Partnerships (HLF-MSP) 2024 pada 1-3 September 2024.
 
Dalam menghadapi perhelatan internasional tersebut, Kodam IX/Udayana sebagai Satuan Tugas (Satgas) Pengamanan Wilayah (Pamwil) dan Evakuasi Pam VVIP melakukan berbagai persiapan seperti Tactical Floor Game (TFG) di Aula Supardi Makodam IX/Udayana, Denpasar, Senin.
 
Kegiatan yang dipimpin langsung Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Muhammad Zamroni tersebut diawali dengan brifieng staf bersama para Asisten Kasdam dan Kapendam IX/Udayana.
 
Saat kegiatan TFG, Pangdam IX/Udayana yang juga selaku Dansatgas Pamwil
menyampaikan kegiatan TFG digunakan sebagai wahana koordinasi dalam perencanaan operasi agar masing-masing Subsatgas mengetahui peran dan fungsinya untuk menyukseskan serta mendukung kelancaran kegiatan KTT IAF dan HLF-MSP.

Baca juga: Pangdam Udayana bubarkan Satgas VVIP KTT World Water Forum Ke-10
 
Selain itu, TFG bertujuan untuk menyusun taktik dan strategi yang akan diterapkan dalam pelaksanaan pengamanan.
 
"Pelaksanaan kegiatan TFG ini dimaksudkan untuk memberi keyakinan kepada unsur pimpinan termasuk kita semua tentang apa dan bagaimana yang harus dilakukan dalam setiap tahapan kegiatan KTT nanti," ujar Pangdam Zamroni.
 
Dengan pelaksanaan TFG ini, Pangdam Udayana berharap agar dapat dijadikan pedoman untuk tugas pengamanan KTT nanti.
 
"Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa meridhoi dan merestui tugas kita agar dapat berjalan dengan baik, lancar, aman dan sukses," katanya.

Baca juga: Pangdam Udayana terima kunjungan Angkatan Darat Australia
 
Selanjutnya, masing-masing Dansubsatgas dan Kepala Unsur Pendukung memaparkan dan melaksanakan Olah Yudha yang merupakan inti dari kegiatan tersebut.
 
Dia berharap materiil yang digunakan berfungsi dengan baik dan para personel yang terlibat dapat memahami tugas dan tanggung jawabnya dalam Pengamanan KTT IAF dan HLF-MSP.
 
Sementara itu, Kapendam IX/Udayana Kolonel Inf Agung Udayana dalam keterangannya menyampaikan dalam event KTT IAF ke-2 dan HLF-MSP 2024 ini, Kodam IX/Udayana kembali dipercaya sebagai Satgas Pamwil yang dipimpin langsung oleh Pangdam IX/Udayana.
 
Selain itu, Danrem 163/WSA pada KTT kali ini bertindak sebagai Dansatgas Evakuasi.

Baca juga: Satgas Pamwil World Water Forum kerahkan belasan kendaraan tempur
 
"Berbagai kesiapan telah kita matangkan. Besok kita juga akan melaksanakan Apel Gelar Pasukan di Lapangan Puputan, Renon. Setelah itu, kita akan melaksanakan berbagai tahapan persiapan yang digelar oleh Mabes TNI," katanya.
 
Dia mengatakan Kodam Udayana memohon dukungan dari segenap komponen masyarakat agar kegiatan ini dapat berjalan dengan aman dan lancar.

Pewarta: Rolandus Nampu
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2024