Jakarta (ANTARA) - Pelatih Semen Padang Hendri Susilo mensyukuri kemenangan perdana tim asuhannya di Liga 1 musim ini setelah klub berjuluk Kabau Sirah itu menang 1-0 atas tamunya PSS Sleman di Stadion Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK), Jakarta, Senin.

Pada dua laga sebelumnya, Semen Padang selalu menelan kekalahan. Mereka takluk 1-3 dari Borneo FC pada pertandingan pembukaan musim, sebelum kemudian dihantam 0-2 saat melawat ke markas Bali United.

“Saya hanya berucap syukur alhamdulillah untuk pertandingan sore ini. Anak-anak menang dan membawa tiga poin ya. Itu spesial ya. Saya pikir itu alhamdulillah. Alhamdulillah,” kata Pelatih Hendri pada konferensi pers setelah pertandingan.

Gol semata wayang Semen Padang diukir oleh pemain asing Kenneth Ngwoke melalui eksekusi penalti pada menit keempat. Namun Hendri terpaksa menarik Kenneth pada menit ke-42 karena cedera dan digantikan Ryohei Michibuchi.

Sepeninggal Kenneth, permainan Semen Padang relatif menurun dan PSS mampu balik mendominasi permainan.

Hendri pun mengakui bahwa ia harus melakukan perubahan taktik akibat menarik Kenneth.

“Ya kita tahu ya Kenneth juga termasuk key player kita, pasti dengan cederanya Kenneth kita juga mengubah taktikal juga. Untuk menahan gempuran-gempuran PSS. Tapi dalam hal ini anak-anak lebih tenang, lebih sabar menghadapi serangan-serangan yang bergelombang. Artinya lini belakang sabar, menunggu, dan untuk menyerang,” ujar Hendri.

Baca juga: Semen Padang raih tiga poin pertamanya di liga musim ini

Kemenangan itu membawa Semen Padang naik ke posisi ke-12 di klasemen sementara Liga 1. Meski demikian, manajemen klub disebut-sebut masih belum puas dengan permainan tim dan masih membuka peluang untuk mengganti pelatih.

Hendri pun menilai hal itu merupakan kewenangan manajemen dan ia tidak ambil pusing dengan masalah tersebut.

“Ya kalau itu opini mereka ya, manajemen. Tapi bagi saya apa yang ditampilkan anak-anak sudah sangat progresif. Artinya bisa menang, itu kan sesuatu. Artinya kalau manajemen mau evaluasi yang lain-lain itu saya kembalikan ke manajemen. Pada intinya saya siap A, B, dan C, sebagai normalnya pelatih,” pungkas Hendri.

Semen Padang akan memainkan pertandingan keempatnya di Liga 1 musim ini dengan melawat ke markas tim promosi lainnya, Malut United pada 13 September.

Baca juga: Kuipers sebut pemain sudah maksimal ketika ditahan imbang Arema FC

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024