Jakarta (ANTARA) - Vitamin A merupakan jenis vitamin yang bersumber dari makanan terdiri dari produk hewani disebut retinoid dan berasal dari produk nabati disebut karotenoid.

Vitamin A jenis retinoid banyak terdapat pada produk hewani seperti telur, hati ayam atau daging sapi, dan lainnya. Sementara, vitamin A jenis karotenoid banyak terdapat pada sayuran dan buah-buahan.

Vitamin A berperan penting dalam menjaga penglihatan dan meningkatkan kekebalan tubuh. Terdapat tiga jenis karotenoid yakni beta karoten, alfa karoten, dan beta kriptosantin merupakan penyumbang pembentukan retinol dalam vitamin A. Lantas, apa saja makanan yang mengandung vitamin A?

1. Wortel
Wortel dikenal sebagai penjaga kesehatan mata. Vitamin A yang dihasilkan wortel berperan penting dalam manjaga kesehatan mata dan juga berguna melepaskan radikal bebas yang berada dalam tubuh.

2. Telur rebus
Telur rebus juga merupakan salah satu makanan yang mengandung vitamin A. Satu butir telur rebus mengandung vitamin A sebanyak 90 mcg. Selain itu, telur juga kaya akan zat gizi protein yang baik untuk membangun dan memperbaiki sel yang rusak.

3.Ubi jalar
Ubi jalar merupakan salah satu sumber pangan yang mengandung vitamin A. Semangkuk ubi jalar sehari, dapat memenuhi kebutuhan harian vitamin A yang baik untuk menjaga kesehatan mata.

4. Hati sapi
Hati sapi merupakan sumber vitamin A terkaya di luar suplemen. Satu porsi hati sapi seberat 4 ons mengandung vitamin A sebanyak 5.620 mcg. Namun, mengonsumsi hati sapi sebaiknya tidak lebih dari sekali seminggu karena kadar kolesterol hati yang tinggi.

5. Minyak hati ikan kod
Minyak hati ikan kod mengandung sumber vitamin A, dengan 1 sendok makan minyak hati ikan kod menyediakan 4.080 mcg. Minyak ikan kod juga mengandung asam lemak omega-3, yang membantu melawan peradangan dan melindungi jantung.

6. Bayam
Bayam mengandung vitamin A, setengah cangkir bayam rebus terdapat 573 mcg yang merupakan 64% dari DV. Bayam dapat menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung.

7. Hati ayam
Hati ayam mengandung banyak nutrisi, termasuk vitamin A. Dalam 1 porsi hati ayam, terdapat 1,450 mikrogram vitamin A.

8. Keju
Keju mengandung kalsium, zat besi dan sumber vitamin A. Dalam 100 gram keju, ada kandungan vitamin A sebesar 317 mcg.

9. Kacang polong hitam
Kacang-kacangan merupakan sumber protein nabati dan kaya akan serat. Setiap cangkir kacang polong hitam rebus mengandung 66 mcg vitamin A dan 7% DV. Kacang polong hitam juga sumber zat besi.

10. Tomat
Tomat mengandung vitamin A, tiga perempat cangkir sajian jus tomat mengandung 42 mcg vitamin A, yang merupakan 5% dari DV.

Baca juga: Rakitis, penyakit yang disebabkan kurangnya vitamin D

Baca juga: Tanda-tanda tubuh Anda kekurangan vitamin B

Baca juga: Berapa harga suntik vitamin C?

Pewarta: Sri Dewi Larasati
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024