Memang produk ini adalah suvenir yang mengangkat karakter dari keindahan laut di Maluku secara umum yang kita jual melalui produk.
Ambon (ANTARA) - Usaha mikro kecil menengah (UMKM) Dive Ambon yang berfokus pada produk-produk kreatif berbasis laut mempromosikan wisata laut Maluku melalui berbagai produk suvenir.

“Memang produk ini adalah suvenir yang mengangkat karakter dari keindahan laut di Maluku secara umum yang kita jual melalui produk,” kata Pelaku UMKM Dive Ambon Afik Tuasikal, di Ambon, Maluku, Senin.

Ia mengatakan, pembuatan suvenir tersebut dilakukannya, karena selama ini wisata diving di Maluku yang sering dikunjungi wisatawan mancanegara maupun domestik, tetapi tidak pernah diberikan oleh-oleh dari keindahan bawah laut.

“Ini merupakan salah satu bentuk upaya promosi wisata bawah laut bahwa laut Maluku berbeda dengan yang lainnya. Ini sudah lama dibuat, tapi pameran baru saya lakukan tahun ini,” ujarnya.

Dia mengaku, salah satu yang ia prioritaskan dari produk suvenir ini adalah ikan endemik seperti ikan kodok yang hanya ada di Maluku. Sehingga masyarakat luas tahu bahwa Maluku juga memiliki ikan endemik yang tidak didapat di bawah laut manapun dan hanya ada di provinsi ini.

“Saya juga ada jasa diving, jadi melalui produk yang saya jual, mereka ingin melihat ikan-ikan itu, sehingga saya menawarkan jasa diving,” katanya menjelaskan.

Ia berharap, ke depan pemerintah bisa mengadakan tempat seperti pelabuhan mini khusus untuk kapal-kapal wisatawan mancanegara, sehingga produk suvenir dan UMKM lainnya bisa dijajakan di tempat tersebut.

"Ini kan salah satu promosi daerah, kalau bisa di kegiatan apa pun bisa menggandeng UMKM yang menjual wisata atau budaya lokal Maluku," kata Afik pula.

Produk suvenirnya ada berbagai macam, yakni seperti gantungan kunci, magnet kulkas, baju kaos, stiker, botol minum, dan aksesoris yang menampilkan motif-motif bawah laut khas Maluku lainnya.

Pelaksana Tugas (Plt) Kadis Koperasi UKM Provinsi Maluku Fitrah AM Ambon memberikan apresiasi atas inisiatif UMKM Dive Ambon yang mempromosikan wisata laut Maluku melalui produk suvenir.

Ia menyatakan dukungannya terhadap langkah inovatif tersebut, yang dinilai dapat memberikan dampak positif bagi sektor pariwisata dan ekonomi lokal.

"Langkah Dive Ambon dalam mempromosikan keindahan laut Maluku melalui produk suvenir adalah contoh yang sangat baik tentang bagaimana UMKM bisa berperan aktif dalam industri pariwisata. Kami sangat mendukung inisiatif ini, karena tidak hanya memperkenalkan keindahan bawah laut Maluku kepada wisatawan, tetapi juga membantu meningkatkan ekonomi lokal," katanya pula.
Baca juga: Maluku Youth Creative gelar Festival Jalan Pattimura berdayakan UMKM
Baca juga: Pemprov Maluku meningkatkan produktivitas UMKM lewat digitalisasi


Pewarta: Winda Herman
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024