Jakarta (ANTARA) - Ajang Maybank Marathon 2024 dengan 13 ribu peserta mengintegrasikan kegiatan keberlanjutan dengan memberi kesempatan bagi peserta untuk mengikuti program carbon offset agar ikut mengurangi emisi selama event berlangsung.

AQUA sebagai official water sponsor Maybank Marathon 2024 turut mengampanyekan aksi pelestarian lingkungan dengan menggandeng lebih dari 100 relawan Yayasan Malu Dong Buang Sampah Sembarangan untuk melakukan edukasi kepada para pelari agar membuang sampah pada tempatnya, serta para relawan juga mengumpulkan sampah dari seluruh 29 water station.

“AQUA kembali terlibat sebagai official water sponsor pada ajang Maybank Marathon 2024 yang merupakan salah satu agenda lomba lari internasional yang bergengsi di Bali dan juga Indonesia. Kehadiran AQUA membantu memenuhi hidrasi seluruh peserta Maybank Marathon 2024 ini dengan menyediakan AQUA yang berasal dari sumber air alamiah yang terlindungi, sehingga para pelari tetap sehat dan terus bersemangat hingga mencapai garis akhir,” ujar Arif Mujahidin, Direktur Corporate Communications Danone Indonesia dalam keterangan tertulis yang diterima, Senin.

Baca juga: Industri AMDK bersinergi pemerintah wujudkan kelestarian lingkungan

AQUA juga menyediakan titik-titik dropbox pengumpulan botol plastik di area race village agar botol bisa didaur ulang kembali. Semua sampah yang terkumpul tersebut, kemudian diambil dan diproses oleh Eco Bali, sebuah perusahaan pengelolaan sampah lokal di Bali yang telah ditunjuk oleh organizer Maybank Marathon.

“Kami sangat mengapresiasi dukungan AQUA pada penyelenggaraan Maybank Marathon 2024 termasuk upaya edukasi dan pengumpulan sampah di sekitar lokasi lomba lari yang menjadikan event kami senantiasa ramah lingkungan,” kata Direktur Operasional PT Bank Maybank Indonesia, Tbk. (Maybank Indonesia) yang merangkap sebagai Project Director Maybank Marathon 2024 Widya Permana.

Sampah yang telah terkumpul kemudian akan didaur ulang dan diolah kembali menjadi kemasan botol AQUA dan barang plastik lainnya. Sedangkan sampah non plastik dan organik akan dikelola dan dapat dimanfaatkan kembali seluruhnya sehingga menghindari terbuang ke lingkungan atau berakhir di Tempat Pemrosesan Akhir (TPA). 

Baca juga: Surabaya dan Gresik gandeng kemitraan kelola sampah kemasan

Sebagai official water sponsor, AQUA hadir di sejumlah titik water station di lintasan Maybank Marathon 2024 ini untuk mencukupi kebutuhan air minum seluruh peserta.

Air minum sangatlah penting untuk dikonsumsi sebelum, saat, dan setelah aktivitas fisik guna menghindari risiko dehidrasi dan juga membantu menurunkan suhu tubuh serta menjaga performa, terutama bagi para peserta maraton yang menempuh jarak sangat panjang.

Kedua aksi positif yang dilakukan AQUA di ajang Maybank Marathon 2024 merupakan bagian dari perwujudan kampanye #BijakBerplastik, di mana AQUA berkomitmen untuk senantiasa mendukung Gerakan Indonesia Bersih.

Baca juga: AQUA terapkan berbagai inisiatif dukung pengendalian perubahan iklim

Baca juga: AQUA ajak penonton bersihkan sampah GBK usai pertandingan Timnas

Pewarta: Putri Hanifa
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024