Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri meminta bakal calon kepala daerah tak hanya sekadar mengumbar janji manis di Pilkada Serentak 2024, akan tetapi harus benar bekerja untuk rakyat.

Dia menyatakan PDIP tak ingin sekadar dijadikan sebagai kendaraan politik.

“Harus satu kata dengan perbuatan,” kata Megawati dalam pidatonya usai pengumuman calon kepala daerah di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Senin.

Selain itu, Megawati juga menyoroti soal adanya tindakan terstruktur, sistematis, dan masif (TSM) yang menyerang PDIP. Dia meminta bakal calon gubernur Banten Airin Rachmi Diany bersuara apabila PDIP diserang dengan TSM.

"Airin! ngomong yang keras! Iya dong. Kalo kamu udah masuk PDIP loh, awas loh ya," ujarnya.

Ia juga sempat bercerita soal meminta Airin mengenakan baju berwarna merah-hitam saat menyambangi DPP PDIP. Pasalnya, Airin telah diumumkan sebagai bakal calon kepala daerah Banten 2024.

"Saya tadi tanya ke Mbak Airin, nanti mesti pakai merah-hitam loh. Iya lah, mau dijadikan masa tidak pakai merah-hitam. Ya bagaimana," tuturnya.

Megawati menegaskan bahwa dirinya akan mengajarkan semua calon kepala daerah yang diusung PDIP untuk berdialektika dalam dinamika politik terkait aksi dan reaksi.

Ia meminta semua calon ikhlas untuk belajar dan bekerja sesuai dengan ideologi negara yang dipegang teguh oleh PDIP. Bila memang tak bersedia, Megawati mengaku tak mempermasalahkan bila yang bersangkutan tak bersedia.

"Nanti saya ajarkan itu, siapa yang tidak mau nurut, out. Begitu saja," ucapnya.

Dia juga mengaku pusing karena banyak orang yang seakan-akan ingin masuk PDIP untuk mendompleng diri sendiri saja.

Dia mengaku hanya ingin mendukung orang yang konsisten saja.

"Maunya mau ikut jadi PDIP atau mau dompleng saja? Saya tidak mau lagi. Ya, konsisten saja kalau mau jadi masuk PDIP ya jadi. Dengan lahir batin rohnya PDIP gitu," pungkas Megawati.

Baca juga: PDIP bakal umumkan bakal cakada Jakarta 1-2 hari ke depan
Baca juga: DPP PDIP: Anies temui Rano Karno untuk berdiskusi
Baca juga: Ketum Golkar Bahlil hargai Airin yang mendapat dukungan dari PDIP 

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2024