Jakarta (ANTARA) -
Seorang muslim memiliki kewajiban dalam beribadah yaitu sholat lima waktu dalam sehari atau biasa disebut sholat fardhu. Tiap sholat lima waktu memiliki jumlah rakaat yang berbeda, namun tata caranya tidak jauh berbeda untuk dilaksanakan.
 
Sholat termasuk dalam rukun Islam, sehingga bagi muslim yang sudah dewasa atau balig, wajib untuk melaksanakan sholat lima waktu dan hukumnya dosa bila ditinggalkan sebab sholat merupakan tiang agama Islam.
 
Sholat lima waktu terdiri dari subuh, dzuhur, ashar, maghrib, dan isya. Berikut adalah penjelasan mengenai sholat lima waktu beserta tata cara dan jumlah rakaatnya.
 
Tata cara sholat lima waktu:
 
1. Niat: Membaca dalam hati niat untuk melakukan sholat tertentu. Misal jika ingin melakukan sholat dzuhur, baca niat sholat dzuhur yaitu Usholli fardhu zhuhur arba'a raka'at lillahi ta'ala.
2. Takbiratul ihram: Memulai sholat mengucapkan Allahu Akbar sambil mengangkat tangan sampai sejajar dengan telinga.
3. Membaca surat Al-Fatihah: Baca surat Al-Fatihah pada setiap rakaat sholat.
4. Membaca surat pendek atau ayat Al-Qur'an: Setelah membaca surat Al-Fatihah, lanjutkan dengan membaca surat pendek atau ayat Al-Qur'an yang dihafal.
5. Ruku': Membungkuk dengan sempurna, tangan diletakkan di lutut, dan kepala sejajar dengan punggung sambil membaca Subhana rabbiyal ‘adhimi wa bihamdihi.
6. I'tidal: Berdiri tegak kembali dari ruku' sambil membaca Sami’allahu liman hamidah rabbana lakal hamdu.
7. Sujud: Menempatkan dahi, hidung, kedua telapak tangan, kedua lutut, dan ujung kaki di atas tanah sambil membaca Subhana rabbiyal a’la wa bihamdihi sebanyak tiga kali.
8. Duduk di antara dua sujud: Duduk setelah sujud pertama sambil membaca Rabbighfirli warhamni wajburni warfa’ni warzuqni wahdini wa‘afini wa‘fu ‘anni dan lanjut melakukan sujud kedua.
9. Tasyahud akhir: Duduk di akhir sholat dengan posisi duduk tawaruk, letakkan kaki kiri di bawah kaki kanan dan tegakkan telapak kaki kanan lurus dengan jari jempol ditekuk dan membaca tasyahud akhir.
10. Salam: Mengucapkan salam ke kanan dan ke kiri.
 
Jumlah sholat lima waktu
 
1. Sholat subuh
Sholat subuh adalah sholat pertama dalam sehari yang dilaksanakan sebelum matahari terbit dan dilaksanakan dengan 2 rakaat.
 
2. Sholat dzuhur
Sholat dzuhur dilaksanakan setelah matahari tergelincir dan berada di puncaknya atau siang hari, terdiri dari 4 rakaat.

3. Sholat ashar
Sholat ashar dilaksanakan pada waktu sore hari sebelum matahari terbenam, dengan jumlah rakaat yang sama seperti sholat dzuhur, yaitu 4 rakaat.

4. Sholat maghrib
Sholat Maghrib dilaksanakan setelah matahari terbenam dan dijalani sebanyak 3 rakaat.

5. Sholat isya
Sholat isya merupakan sholat terakhir dalam sehari yang dilakukan setelah hilangnya cahaya di langit. Sholat Isya terdiri dari 4 rakaat.

Baca juga: Shalat istikharah: Pengertian dan keutamannya

Baca juga: Tata cara shalat istikharah
 
Tata cara sholat 2 (dua) rakaat
  • Rakaat pertama: Membaca niat sholat dalam hati, lalu takbiratul ihram. Kemudian membaca surat Al-Fatihah dan salah satu surat pendek atau ayat Al-Qur'an yang dihafal. Setelah itu, lakukan ruku', i'tidal, sujud, duduk di antara dua sujud, sujud kedua, dan berdiri untuk rakaat kedua.
  • Rakaat kedua: Membaca surat Al-Fatihah dan surat yang dihafal, lanjut ruku', i'tidal, sujud, duduk di antara dua sujud, sujud kedua, duduk tasyahud akhir, dan salam.
 
Tata cara sholat 3 (tiga) rakaat
  • Rakaat pertama dan kedua: Pada rakaat pertama, baca niat sholat dzuhur, lalu takbiratul ihram. Lanjut baca surat Al-Fatihah dan surat pendek, ruku', i'tidak, sujud, duduk di antara dua sujud, sujud kedua, berdiri dan lakukan hal yang sama pada rakaat kedua hingga tasyahud awal.
  • Rakaat ketiga: Setelah tasyahud awal, rakaat ketiga berdiri dan baca kembali surat Al-Fatihah, lanjut ruku', i'tidal, sujud, duduk di antara dua sujud, sujud kedua, tasyahud akhir dan diakhiri dengan salam.
Tata cara sholat 4 (empat) rakaat
  • Rakaat pertama dan kedua: Pada rakaat pertama, baca niat sholat dzuhur, lalu takbiratul ihram. Lanjut baca surat Al-Fatihah dan surat pendek, ruku', i'tidak, sujud, duduk di antara dua sujud, sujud kedua, berdiri dan lakukan hal yang sama pada rakaat kedua hingga tasyahud awal.
  • Rakaat ketiga dan keempat: Setelah tasyahud awal, rakaat ketiga berdiri dan baca kembali surat Al-Fatihah, lanjut ruku', i'tidal, sujud, duduk di antara dua sujud, sujud kedua, berdiri dan lakukan hal yang sama pada rakaat keempat hingga tasyahud akhir, kemudian salam.

Baca juga: Catat, ini waktu terbaik shalat istikharah

Baca juga: Shalat istikharah untuk memilih jodoh, bagaimana caranya?
 

Pewarta: Putri Atika Chairulia
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2024