Kesempatan ini merupakan salah satu pengalaman terbaik bagi para peserta
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) mengungkapkan, Indonesia-China Youth Exchange Program (ICYEP) 2024 memperkuat hubungan Indonesia dan Tiongkok serta meningkatkan pengetahuan dan wawasan generasi muda.

Kegiatan yang diikuti total 46 mahasiswa-mahasiswi yang terdiri 26 mahasiswa Indonesia dan 20 dari Tiongkok ini memberikan pengalaman berharga bagi para peserta.

"Kesempatan ini merupakan salah satu pengalaman terbaik bagi para peserta dan bisa menjadi inspirasi untuk mereka menyusun langkah dan rencana saat akan terjun ke dunia kerja," ujar Ketua Delegasi Indonesia pada ICYEP 2024 Henny Syamsul yang juga mewakili Kemenko Marves sebagaimana dikutip dari keterangan yang diterima di Jakarta, Senin.

Selama berada di Fujian, lanjut dia, delegasi Indonesia berkesempatan mengunjungi berbagai lokasi, seperti pabrik baterai Contemporary Ampeerrx Technologt Co. Limited (CATL) yang memiliki teknologi baru untuk kendaraan listrik, Kawasan Industri Yunhong untuk melihat proyek Two Countries Twin Park (TCTP) kerja sama Indonesia-Tiongkok, serta industri Huagang Group yang mendukung merek-merek global.

Selain mempelajari perkembangan teknologi dan industri, delegasi juga mendapatkan pengalaman budaya yang kaya. Mereka menikmati wisata bamboo rafting di Taman Nasional Wuyi Shan, yang masuk dalam Daftar Warisan Dunia UNESCO, serta menyaksikan pertunjukan seni Dahongpao yang menceritakan filosofi teh khas Kota Wuyi.

Henny pun menyampaikan rasa terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Fujian, Kementerian Luar Negeri, Provinsi Jawa Tengah, dan Kamar Dagang dan Industri Indonesia Komite Tiongkok (KIKT) atas dukungan dan kolaborasi dalam penyelenggaraan program ini.

"ICYEP memberikan kesempatan bagi generasi muda Indonesia-Tiongkok untuk saling mengenal dan mempelajari keanekaragaman kedua negara, sehingga dapat membuka wawasan, semangat, serta mempererat persahabatan," tuturnya.

Melalui ICYEP, Kemenko Marves juga berharap dapat terus menjalankan program serupa sebagai bekal untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia Indonesia, agar di masa depan dapat semakin siap menuju Indonesia Emas.

Baca juga: PT Timah dan dan perusahaan pertambangan China jalin kerja sama
Baca juga: Mendag: Tiongkok sebut RI punya semua persyaratan jadi negara maju

Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2024