Karachi, Pakistan (ANTARA) - Setidaknya 46 orang, termasuk 12 teroris, tewas dalam beberapa bentrokan dan serangan yang berlangsung beberapa jam di barat daya Pakistan, pejabat dan media lokal melaporkan pada Senin.

Terduga militan menewaskan 23 penumpang di barat daya provinsi Balochistan pada Senin pagi setelah memaksa mereka turun dari beberapa kendaraan, yang terbaru dalam serangkaian insiden teroris keji di provinsi tersebut.

Insiden itu terjadi di dekat distrik Musakhel, tempat militan bersenjata lengkap memblokir jalan utama, menghentikan beberapa kendaraan, dan menurunkan penumpang sebelum melepaskan tembakan.

Kepala Menteri Balochistan Sarfraz Bugti mengonfirmasikan insiden tersebut, dengan mengatakan para teroris menargetkan orang-orang yang "tidak bersalah", bersumpah bahwa mereka dan "fasilitator" mereka akan diadili.

Menurut polisi, para penyerang membakar sedikitnya 10 kendaraan sebelum melarikan diri.

Penyiar lokal Geo News menayangkan rekaman beberapa kendaraan yang hangus dan sebagian hangus di sepanjang jalan.

Shahid Rind, juru bicara pemerintah Balochistan, mengatakan kepada wartawan bahwa para teroris menggeledah bus dan truk serta memeriksa identitas penumpang sebelum membunuh mereka. Korban tewas dikatakan berasal dari timur laut provinsi Punjab.

Sementara itu, 10 orang lainnya, termasuk lima personel keamanan dan sejumlah warga, tewas dalam bentrokan semalam antara militan dan polisi di Jalan Raya Nasional di distrik Qalat, Balochistan, kata kepala polisi kota Qalat, Dostin Dashti, kepada wartawan.

Polisi mengatakan sejauh ini 12 penyerang tewas dan beberapa lainnya cedera dalam bentrokan tersebut.

Di tempat terpisah, penyerang bersenjata menyerbu dan menguasai kantor polisi di distrik Mastung di Balochistan selama beberapa jam.

Mereka membakar rekaman dan beberapa kendaraan yang diparkir di dalam kantor polisi.

Polisi mengatakan mereka kembali menguasai kantor polisi, memaksa para penyerang melarikan diri.

Namun, jasad seorang pria tak dikenal ditemukan di luar kantor polisi.

Sementara itu, ledakan bom menghancurkan jembatan kereta api utama di distrik Bolan, menghentikan lalu lintas kereta api antara Balochistan dan provinsi lainnya.

Tidak ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab atas serangan baru-baru ini. Namun, pasukan keamanan menuding separatis Baloch yang dilarang yang telah lama menargetkan pasukan keamanan dan penduduk non-Baloch di provinsi tersebut.

Pakistan telah mengalami lonjakan serangan teror dalam beberapa tahun terakhir, khususnya di provinsi-provinsi Khyber Pakhtunkhwa di barat laut dan di barat daya Balochistan.

Balochistan yang kaya mineral adalah provinsi terbesar tetapi termiskin di Pakistan. Pasukan keamanan telah lama menghadapi pemberontakan intensitas rendah dari separatis Baloch, yang mengklaim provinsi tersebut telah ditolak pembangunan besar di provinsi tersebut.

Provinsi itu juga merupakan rute utama untuk proyek Koridor Ekonomi China-Pakistan (CPEC) senilai 64 miliar dolar (sekitar Rp989 triliun).

Rute tersebut bertujuan untuk menghubungkan provinsi Xinxiang di barat laut China yang penting secara strategis dengan pelabuhan Gwadar di Balochistan melalui jaringan jalan raya, rel kereta api, dan jaringan pipa untuk transportasi kargo, minyak dan gas.

Sumber: Anadolu
Baca juga: 28 orang tewas dalam dua serangan teroris di Pakistan dalam 24 jam
Baca juga: Dewan Keamanan PBB kutuk serangan teroris di Pakistan
Baca juga: Militer Pakistan sebut 'teroris' asal Iran tewaskan empat tentaranya

Penerjemah: Cindy Frishanti Octavia
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2024